Dr. Fauzi Orasi Ilmiah Wisuda Ke XXIII STMIK Pringsewu

Dr. Fauzi Orasi Ilmiah Wisuda Ke XXIII STMIK Pringsewu

Wisuda ke-XXIII STMIK Pringsewu diisi orasi ilmiah Dr. Fauzi--

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.IDSTMIK Pringsewu menggelar wisuda di Kampus B Gadingrejo, Minggu  26 Juni 2022. Sebanyak 319 mahasiswa menjadi peserta wisuda ke-XXIII

Dalam kegiatan tersebut, Dr. Fauzi., SE., M. Kom. ME., Akt., CA., CMA, membawakan orasi ilmiah dengan judul Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM.

Dalam abstraknya, Wakil Bupati Pringsewu periode 2017- 2022 ini mengatakan, pemasaran digital merupakan alternatif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  untuk terus berkontribusi dalam hal pengentasan kemiskinan dengan memberdayakan masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

”Dengan menggunakan digital marketing UMKM dapat menjangkau target pasar yang luas tanpa batasan letak geografis dengan biaya yang terjangkau,” sebut Dr. Fauzi.

BACA JUGA: Wagub Chusnunia Minta Perkuat Call Center

BACA JUGA: Cheng Yu Pegangan Pendiri PT Aditya Sarana Graha Hars Chandra: Ji Suo Bu Yu Wu Shi Yu Ren

Dr. Fauzi yang juga pendiri Yayasan Startech Lampung, induk dari STMIK Pringsewu ini mengungkapkan, tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pemasaran digital pada 15 UMKM yang sudah go online dan implikasinya pada daya saing UMKM tersebut berdasar persepsi konsumen.

Dalam penelitiannya menggunakan metode kuantitatif dengan analisis kausalitas dengan teknik nonprobability sampling.

Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa digital marketing berimplikasi pada daya saing UMKM dalam memasarkan produknya sebesar 81 persen dan sisanya sebesar 19 persen disebabkan karena faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kabilitas permodalan, pasokan sumber daya dan profesionalitas manajerial.

Dr. Fauzi pada kesempatan itu juga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. Keberhasilan menyelesaikan studi sehingga menyandang gelar kesarjanaan, tentunya merupakan berkat peran serta orang tua, keluarga dan lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Begini Kronologis Lansia Akhiri Hidupnya dengan Minum Racun Rumput

BACA JUGA: Lapor Pak! Warga Kotaagung Timur Was-was, Marak Pencurian Siang Hari

"Semoga dengan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah dan mendapat gelar akademik dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk menunjang keberhasilan dan kesuksesan di segala bidang. Baik pekerjaan, karier dan lain sebagainya, serta berguna bagi keluarga, bangsa dan negara serta agama,” kata Dr. Fauzi.

Pada wisuda ke-XXIII STMIK Pringsewu 2022, sebagai wisudawan terbaik bidang akademik, untuk program studi Sistem Informasi, terbaik pertama adalah Nur Latifah (IPK 3,69), terbaik kedua Anas Safitri (IPK 3,69) dan terbaik ketiga Yunita Ayuningsih (IPK 3,66).

Selanjutnya program studi Manajemen Informatika, terbaik pertama Nabella Kusuma MP (IPK 3,23), terbaik kedua Rido Irfal Saputra (IPK 3,22) dan terbaik ketiga Putri Hana Pratiwi (IPK 3,21).

Untuk wisudawan terbaik bidang non akademik yaitu program studi Sistem Informasi, diraih Nur Latifah (Publikasi dan Seminar Internasional), Yulia Evasari (Publikasi), Roby Miswanto (Publikasi), dan Ahmad Solihin (Skripsi).

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Bertemu Ronaldinho, Simak Obrolannya

BACA JUGA: Tiga Napi Kabur Bikin Heboh Warga, Begini Faktanya..

Kemudian Khusnul Khatimah (Skripsi), Evi Dahlia (Skripsi), Rayhan Ade Pratama (Presma 2020-2021), Fara Gustiana Putri (Putri Kampus STMIK Pringsewu 2021) dan Nuraeni (Putri Hijab Lampung 2021).

Selain pendiri Yayasan Startech Pringsewu Dr. Fauzi, juga hadir Ketua STMIK Pringsewu Sri Hartati, M.TI.;  Wakil Ketua I Tri Susilowati, M.TI.; Wakil Ketua II Kasmi, M.M.; Wakil Ketua III Bernadhita Herindri S. Utami, M.Sc.; Ketua Program Studi Sistem Informasi Suyono, M.TI.; Ketua Program Studi Manajemen Informatika Rinawati, M.TI. beserta jajaran pengajar STMIK Pringsewu. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: