Profil Kombes Nurul Azizah, Polwan Pertama Juru Bicara Polri, Lengkap dengan Riwayat Pendidikannya

Profil Kombes Nurul Azizah, Polwan Pertama Juru Bicara Polri, Lengkap dengan Riwayat Pendidikannya

Kombes Nurul Azizah. (Tangkapan Layar/Nur Azizah-YouTube)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Perhatian masyarakat belakangan sempat tersita oleh sosok Kombes Nurul Azizah terkait posisi barunya sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri.

Di mana, posisi Kombes Nurul Azizah tersebut sekaligus menjadikannya menyandang gelar polisi wanita (polwan) pertama sebagai juru bicara alias jubir Polri.

Pengangkatan Kombes Nurul Azizah dilakukan langsung oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) nomor ST/1214/VI/KEP./2022, guna menduduki posisi Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri.

BACA JUGA:Cheng Yu Pegangan Pendiri PT Aditya Sarana Graha Hars Chandra: Ji Suo Bu Yu Wu Shi Yu Ren

Posisi tersebut sebelumnya dipegang oleh Kombes Gatot Repli Handoko yang akan naik pangkat sebagai Kepala Biro Multimedia (Karo Mulmed) Divisi Humas Polri dengan jabatan bintang satu atau Brigjen.

Sosok Kombes Nurul Azizah mungkin belum banyak dikenal publik, namun wanita satu ini memiliki latar belakang karier dan pendidikan yang tidak main-main.

Nurul Azizah merupakan sosok perempuan kelahiran 5 November 1972 yang berasal Banyubiru, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kombes Nurul mengawali kariernya di kepolisian dengan masuk Sekolah Bintara Polwan di tahun 1991.

BACA JUGA:Melihat Pembuatan Miniatur Kapal Layar Karya Bang Napi

Ia lantas melanjutkan pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) dan berhasil lulus pada 2007.

Dikutip dari website Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kombes Nurul melanjutkan pendidikannya hingga tercatat sebagai lulusan Masgister (S2) di Universitas Indonesia yang lulus pada tahun 2012.

Usai menyelesaikan S2, wanita berkaca mata itu kemudian melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar doktor pada tahun 2017. Ia merampungkan pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Perjalanan Karier

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id