5 Bahaya Main HP Menjelang Tidur yang Wajib Kamu Ketahui

5 Bahaya Main HP Menjelang Tidur yang Wajib Kamu Ketahui

Ilustrasi main Hp. (Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Saat ini tak sedikit orang yang bermain game di HP atau berselancar di internet menjelang tidur.

Di mana, bermain game di HP atau berselancar di internet menjelang tidur memang tampak menyenangkan.

Akan tetapi, bermain game di HP atau berselancar di internet menjelang tidur ternyata berdampak tak baik pada kesehatan.

Bahaya main HP sebelum tidur memang tidak dirasakan secara langsung. Namun bila dilakukan secara terus-menerus, kebiasaan buruk ini akan mempengaruhi kualitas tidur.

BACA JUGA:Jenis dan Cara Merawat Aki Motor

Bahkan, dapat menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan sebagaimana dikutip Radarlampung.co.id dari berbagai sumber, Kamis 30 Juni 2022.

Dan, berikut ini bahaya bermain HP sebelum tidur yang bisa berdampak pada kesehatan seseorang.

1. Menyebabkan Insomnia

Dampak bahaya main HP sebelum tidur pertama adalah dapat menjadi penyebab insomnia. Insomnia sendiri adalah gangguan kesehatan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru yang dihasilkan ponsel bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai pengatur tidur. Hal ini lantas akan berdampak pada ritme sirkadian pada tubuh.

BACA JUGA:Bahaya! Minum Kopi dengan Gorengan Dampaknya Luar Biasa

2. Tingkatkan Risiko Depresi serta Gangguan Bipolar

Bahaya main HP sebelum tidur selanjutnya yakni dapat meningkatkan risiko depresi serta gangguan bipolar. Hal ini sudah dibuktikan pada sebuah penelitian yang melibatkan ribuan siswa.

Hasil penelitian menemukan adanya hubungan antara penggunaan handphone sebelum tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan pada kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: