Anugerah Terindah, Menjadi Haji Akbar karena Wukuf Tepat di Hari Jumat

Anugerah Terindah, Menjadi Haji Akbar karena Wukuf Tepat di Hari Jumat

FOTO DOK TIM PENDAMPING HAJI DAERAH LAMTIM - Pendamping haji daerah Lampung Timur mengecek maktab di Arofah. --

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Para calon jemaah haji (CJH) asal Indonesia termasuk dari Kabupaten Lampung Timur mulai mempersiapkan diri menuju Arofah untuk melaksanakan wukuf. 

Ahmad Faozi selaku petugas haji daerah Kabupaten Lampung Timur, menjelaskan, kesiapan itu menyusul penetapan hari Arofah untuk Wukuf dari Pemerintah Arab Saudi, yaitu pada 9 Dzulhijah 1444 hijriah atau Jumat 8 Juli 2022.

"Wukuf merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji," jelas Ahmad Faozi melalui pesan Whatsapp, Minggu, 3 Juli 2022.

Dilanjutkan, pelaksanaan Wukuf pada 8 Juli 2022 itu disebut haji akbar karena tepat di hari Jumat. 

BACA JUGA:Pagi-pagi Bersepeda, Tour Presisi Polda Lampung Angkat Pariwisata

"Pelaksanaan wukuf tepat di hari Jumat  merupakan suatu anugerah terindah dalam beribadah haji. Sebab, pahala haji akbar sama dengan 70 kali haji. Atau seperti Hajinya Rasulullah SAW," lanjut Ahmad Faozi.

Lebih lanjut dijelaskan, dari Maktab menuju Arofah kurang lebih jaraknya 2,5 km. Menurutnya, sudah ada 7 titik pos Polisi yang merazia kendaraan dari Mekah menuju Arofah. 

Setiap kendaraan pasti diberhentikan untuk pemeriksaan kartu atau tanda haji yang disebut Kartu Tasrikh.

"Kendaraan tanpa kartu itu pasti disuruh puter balik," lanjut Ahmad Faozi.

BACA JUGA:Ini Alasan Pencopotan Rizky Raya Dari Posisi Bendahara DPC PDIP dan Wakil Ketua DPRD Pringsewu

Masih menurut Ahmad Faozi, saat ini Arofah terus bernenah menyambut 1 juta lebih  calon jama'ah haji dari seluruh dunia. Dari 1 juta CJH itu, 85 persen untuk kuota jama'ah di luar Arab Saudi dan 15 persen untuk jama'ah warga Arab Saudi sendiri.

Sedangkan, jumlah Jama'ah asal Indonesia mencapapai 100.051 atau terbanyak dari seluruh dunia. Dari jumlah itu, 3.198 merupakan CJH asal Lampung. 

Kesiapan Arofah dapat dilihat ketika sudah memasuki wilayah Arofah. Polisi sudah mulai mensterilkan wilayah Arofah dengan ketatnya penjagaan pintu masuk ke wilayah Arofah.

Memasuki Maktab di Arofah nampak para pekerja sibuk menyelesaikan pekerjaan masing - masing.  Ada yang memasang AC, alas tenda, memasang kasur dan memperbaiki lampu jalan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: