Ini Pesan Khusus Menteri Agama untuk Petugas dan Calon Jemaah Haji

Ini Pesan Khusus Menteri Agama untuk Petugas dan Calon Jemaah Haji

Menag Yaqut Cholil Qoumas member keterangan pers setibanya di Bandara Jeddah. FOTO SOLLA/MCH 2022--

BACA JUGA: Batal Haji, Puluhan WNI Tertahan Imigrasi Arab Saudi

Caranya, mengukur proses minum.minimal 200 Ml tiap satu jam. Kemudian dicampur satu bungkus oralit. 

”Diminum setiap satu jam sekali, saat beraktivitas. Minumnya pelan-pelan dan dinikmati,” papar dr. Edi. 

Lalu, calon jemaah haji juga diimbau tetap memakai masker. Tujuannya menjaga kelembaban dan menghindari mimisan akibat terlalu panas dan kering. 

Pembimbing ibadah juga diminta terus mengingatkan  calon jemaah haji agar cukup istirahat. Kemudian menahan diri di hotel sebelum persiapan menuju puncak haji ke Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna). 

BACA JUGA: Anugerah Terindah, Menjadi Haji Akbar karena Wukuf Tepat di Hari Jumat

Sementara hingga Minggu 3 Juli 2022, total calonjemaah haji yang sudah diberangkatkan ke tanah suci mencapai 91.106 orang.

Menurut Plh. Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Wawan Djunaedi mengatakan, calon jemaah haji khusus yang tiba di Mekkah mencapai 4.815 orang.

Wawan Djunaedi menyatakan, hari ini adalah terakhir keberangkatan calon jemaah haji. Ada dua kelompok terbang dari  Jakrta dan Solo. 

"Sebanyak 615 orang yang merupakan kloter terakhir keberangkatan jemaah haji reguler Indonesia. Masing-masing, JKS: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 255 orang; dan SOC: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang," kata Wawan Djunaedi, dilansir dari Kemang.go.id. 

BACA JUGA: Gegara Puntung Rokok, Maktab Jamaah Haji Indonesia Nyaris Kebakaran

Untuk data calon jemaah haji yang sakit, hingga hari ini tercatat 122 orang. Rinciannya 104 orang menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia dan 18 orang di RSAS.

Kemudian calon jemaah haji yang wafat berjumlah 20 orang. Terakhir atas nama Kiroatul Khoiroh Basari (60) asal Embarkasi SUB (Surabaya).

Sebelumnya, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi mengumumkan Hari Raya Idul Adha pada Sabtu, 9 Juli 2022 mendatang. Berbeda dengan Pemerintah Indonesia yang menetapkan Hari Raya Idul Adha pada Minggu 10 Juli 2022. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: