Lampung Akan Bangun UMKM Center

Lampung Akan Bangun UMKM Center

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rencana Pemprov Lampung untuk membangun UMKM Center akan direalisasi pada tahun ini. Setidaknya, ada 17 BUMN siap terlibat dalam UMKM Center.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Lampung, Kusnardi mengatakan, sebanyak 17 BUMN akan terlibat dalam UMKM Center.

Dalam pembangunan gedungnya, akan dikoordinatori oleh BUMN yang fokus pada bidang UMKM yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Iya, jadi nanti di UMKM Center ini ada 17 BUMN yang akan terlibat, dan untuk gedung dikoordinasi oleh BRI. Jadi gedungnya nanti berupa CSR (Corporate Social Responsibility)," ungkap Kusnardi, Selasa, 5 Juli 2022.

BACA JUGA:UMKM Minim Bersertifikasi Halal, Ini Kata BPJPH

Menurut rencana, gedung UMKM Center ini akan dibangun di PKOR Wayhalim, Bandar Lampung. Gedung tersebut, akan berdiri dua lantai.

"Gedungnya dua lantai berisikan minimal 50 UMKM. Nanti didalam gedung juga akan dibuat pameran sendiri, sehingga nantinya bisa ditampilkan dan pengunjung juga nyaman. Kita juga akan buat display yang bagus supaya orang tidak akan bosen ketika di sana," tambah Kusnardi.

Sebelumnya, pada beberapa waktu lalu, survei telah dilakukan Pemprov Lampung dengan Kementerian BUMN. Termasuk perusahaan BUMN yang akan berpartisipasi.

Dukungan pembangunan UMKM Center ini, juga telah dikeluarkannya Surat Gubernur Lampung Nomor 5181/0424/04/2022 tanggal 31 Januari 2022 tentang Dukungan Pembangunan UMKM Center melalui Skema CSR, telah diajukan ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

BACA JUGA:Alhamdulillah... PLN Berhasil Pulihkan 100 Persen Gangguan Listrik Sumatera-Babel

"Dalam rangka mendorong tumbuhnya pusat hilirisasi dari produk-produk UMKM yang berbasis komoditas unggulan Lampung, maka Pemerintah Provinsi Lampung menginisiasi membangun UMKM Center yang akan menjadi pusat promosi, edukasi dan pemasaran bagi produk-produk UMKM unggulan dari 15 Kab/Kota se-Provinsi Lampung di kota Bandar Lampung," ungkap Kusnardi.

Tujuan berdirinya UMKM ini, untuk mempermudah customer mencari pusat oleh-oleh khas Lampung, pusat informasi dan promosi produk-produk unggulan UMKM yang ada di Provinsi Lampung. Kemudian membangkitkan usaha produk UMKM sekaligus pemasaran produknya.

''Meningkatkan perekonomian daerah melalui peran UMKM sebagai salah satu pelaku ekonomi masyarakat, untuk meningkatkan pendapatan usaha UMKM, tersentralisasinya pemasaran produk UMKM se Provinsi Lampung, adanya persaingan produk secara kompetitif dan peningkatan daya saing bagi pelaku UMKM," kata Kusnardi.

Manfaat adanya UMKM Center adalah agar produk UMKM dapat dikenal masyarakat luas. Baik domestik, regional dan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: