Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kalajengking Tujuan Korea Selatan

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kalajengking Tujuan Korea Selatan

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Total sebanyak 100 Kalajengking akan diselundupkan ke Korea Selatan melalui Bandara Soekarno Hatta

Penyelundupan ekspor binatang hidup itu berhasil digagalkan Tim Penindakan Bea Cukai Soekarno Hatta, Selasa 5 Juli 2022. 

100 Kalajengking tersebut dikemas dalam plastik bening dan pipa paralon tanpa dilengkapi izin instansi terkait berupa perizinan SATS-LN (CITES).

100 Kalajengking ini diselundupkan melalui Gudang Ekspor PT Pos Indonesia Area Kargo Bandara Soekarno Hatta dengan tujuan Korea Selatan.

"Melalui informasi intelijen kami bahwa akan ada pengiriman binatang hidup kalajengking ke Korea Selatan seberat 5 kilogram melalui ekspor umum," ujar Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soekarno Hatta, Zaky Firmansyah saat dikonfirmasi, Selasa, 5 Juli 2022.

Zaky mengungkapkan bahwa Kalajengking yang berasal dari Banyuwangi ini sudah dikirim sejak Jumat, 1 Juli 2022.

Lebih lanjut, Zaky menjelaskan, timnya melakukan pemeriksaan lebih dalam dan didapati bahwa ekspor tersebut menggunakan dokumen EMS internasional dengan pemberitahuan Snack. 

Dari pemerikasaan tersebut, tim Penindakan Bea Cukai Soekarno Hatta menemukan 100 Kalajengking dengan kondisi 82 hidup dan 18 mati. 

Usai ditemukan, Kalajengking-kalajengking tersebut kini sudah diserah terima kepada Karantina Hewan Bandara Soekarno Hatta untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. (*)

Artikel ini telah tayang di Disway.id, dengan judul: Bea Cukai Temukan 100 Kalajengking Hidup Akan Diselundupkan ke Korea Selatan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: