Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM di Sumatra
Tokopedia terus gencarkan inisiatif Hyperlocal hingga ke seluruh Indonesia, termasuk wilayah Sumatra--
RADARLAMPUNG.CO.ID - Tokopedia terus gencarkan inisiatif Hyperlocal hingga ke seluruh Indonesia, termasuk wilayah Sumatra. Ini dilakukan untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM, khususnya di Sumatera.
Beragam program serta kolaborasi bersama para pelaku usaha lokal hingga pemerintah daerah dilakukan secara konsisten demi mendorong pemulihan dan pemerataan ekonomi Indonesia secara digital.
Diantaranya seperti program kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba) serta Sekolah Kilat Seller yang merupakan pendampingan dan edukasi peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran bagi pebisnis online pemula.
Berdasarkan temuan Tokopedia, Kategori Makanan dan Minuman, Fashion, Kesehatan, Elektronik dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling populer selama semester pertama 2022 di wilayah Sumatra seperti Medan, Pekanbaru, Palembang, dan Bandar Lampung.
BACA JUGA:Pemprov Lampung Lanjutkan Bangun Trotoar dan Drainase Sepanjang 2 Km di Jalan Ryacudu
Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan mengatakan, Tokopedia percaya bahwa kunci menghadapi pandemi adalah berkolaborasi dan berinovasi.
Kolaborasi dengan pemerintah pun menjadi sangat penting untuk bisa mendukung sekaligus memberikan dampak yang lebih luas lagi kepada masyarakat.
“Ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah kehidupan masyarakat, baik penjual maupun pembeli,” kata Emmiryzan.
Selain itu, Emmiryzan mengatakan, Tokopedia selalu mendukung upaya sosialisasi dan peningkatan pendapatan negara melalui digital dengan melakukan inovasi pembayaran pajak melalui aplikasi Tokopedia seperti PBB Online, E-Samsat dan yang lainnya.
BACA JUGA:Catat! Jam Kerja ASN Berubah
Menurut temuan Tokopedia, total jumlah pembayaran pajak digital (PBB, E-Samsat, Penerimaan Negara, Retribusi) melalui aplikasi Tokopedia di Pulau Sumatera meningkat hampir dua kali lipat pada kuartal kedua 2022 dibandingkan periode sama 2021.
Transaksi pada kategori E-samsat dan Penerimaan Negara menjadi dua kategori yang mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat pada kuartal kedua 2022 dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021.
“Semua kolaborasi ini dilakukan demi mempermudah masyarakat yang ada di seluruh penjuru Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga membayar kewajiban perpajakan, seperti melalui inisiatif Digitalisasi Pasar, Bangga Buatan Indonesia, hingga pembayaran Pajak Daerah dan Penerimaan Negara lainnya,” tutup Emmiryzan.
Sementara itu UMKM asal Medan, Bluhemia Home dan UMKM Lampung After Beaute merupakan beberapa contoh pebisnis lokal yang mulai berjualan online di Tokopedia pada masa pandemi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: