Dinas Pangan Klaim Ketersediaan Komoditi Pangan di Bandar Lampung Aman

Dinas Pangan Klaim Ketersediaan Komoditi Pangan di Bandar Lampung Aman

Ilustrasi. Pedagang cabai di pasar tradisional. Foto Ruri/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pangan Kota Bandar Lampung mengklaim ketersediaan komoditi bahan pokok dan harga bahan pokok di Kota Bandar Lampung aman.

Kepala Dinas Pangan Kota Bandar Lampung I Kadek Sumarta mengatakan, secara umum harga komoditi pokok di Bandar Lampung cukup stabil.

Terutama, kata Kadek, harga telur yang semakin turun. Dari semula Rp 28 ribu per kg, saat ini berkisar di Rp 26 ribu-Rp 25 ribu per kg.

Namun, diakuinya ada beberapa harga yang masih mengalami kenaikan secara signifikan, seperti cabai dan bawang. Itu terjadi dalam skala nasional.

BACA JUGA:Pemkot Lanjutkan Rehabilitasi Jembatan Pulau Pasaran Tahap II

"Seperti cabai setan mengalami kenaikan cukup signifikan mencapai Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu. Itu terjadi secara nasional, buka di Bandar Lampung saja. Kenaikan tersebut karena masalah cuaca," ujar Kadek Sumarta.

Meski bawang dan cabai mengalami kenaikan, Kadek mengaku distribusi dan ketersediaannya di Bandar Lampung aman.

Suplainya sendiri berasal dari kabupaten/kota penyangga, seperti Pesawaran, Pringsewu, Lampung Selatan, dan lainnya.

Pemantauan bahan pokok tersebut, lanjut Kadek, dilakukan setiap hari di pedagang maupun distributor. Setiap laporan dilaporkan ke pimpinan, sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan.

BACA JUGA:Lapor, Warga Berharap Jalan Ini Diperbaiki

"Kalau ketersediaan komoditi di kota lebih dari cukup. Pasokan lancar, barang ada terus, distribusi bagus. Di pihak petani memang banyak alami kegagalan panen karena cuaca. Ini berlaku nasional," ungkapnya.

Diketahui, dari pantauan di laman siagabapokbandarlampung.id menginput hara-harga bahan pokok dari pasar-pasar di Kota Tapis Berseri, seperti Pasar Cimeng, Kangkung, Panjang, Tugu, Bawah, Smep, Pasir Gintung, Tamin, dan Pasar Way Halim, Jumat 8 Juli 2022. 

Rata-rata harga di sembilan pasar, telur ayam ras Rp 26,536 per kg, cabai merah biasa Rp 87.000 per kg, cabai merah keriting Rp 87,357 per kg, dan cabai rawit jawa Rp 88,929 per kg.

Lalu, bawang merah Rp 62,857 per kg, minyak goreng (Tawon 1 Ltr) Rp 20,357. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: