Metro Dapat Tambahan Vaksin PMK, Tapi Belum Mencukupi untuk Semua Hewan Ternak

Metro Dapat Tambahan Vaksin PMK, Tapi Belum Mencukupi untuk Semua Hewan Ternak

FOTO RURI SETIA UNTARI - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Hery Wiratno.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kota Metro kembali mendapatkan tambahan vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Hery Wiratno mengatakan, sekitar 700 dosis vaksin PMK telah diterima Kota Metro untuk diberikan ke hewan ternak. Rencananya, vaksin tersebut akan segera diberikan kepada hewan ternak guna mengantisipasi PMK tersebut.

“Hari ini ada tambahan 700 dosis vaksin PMK. Kita berencana akan mulai besok kita suntikkan lagi ke sapi-sapi yang sehat,” kata Hery Wiratno, Senin 18 Juli 2022.

Hery Wiratno menjelaskan, vaksin tersebut akan diprioritaskan kepada daerah zona hijau atau yang tidak terpapar PMK tersebut. Sedangkan di zona merah, vaksin akan diberikan kepada sapi yang sehat.

BACA JUGA:Pasca Kebakaran di YPI Al-Falah, Ini yang Dilakukan Pemkab Mesuji

"Saat ini kita utamakan untuk daerah zona hijau. Zona merah kita berikan juga tapi khusus untuk sapi yang sehat," ungkap Hery Wiratno.

Meski ada tambahan dosis vaksin, itu belum dapat meng-cover atau memenuhi kebutuhan ribuan hewan ternak yang ada di Kota Metro. Sebelumnya, 500 dosis vaksin juga telah diberikan. "Populasi ternak kita ada 8.976 ekor. Tentu masih banyak yang kurang. Tapi kita tetap akan dorong terus untuk penambahan vaksinasi,” ujarnya.

Terkait zona merah PMK, di Kota Metro ada tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Metro Pusat,  Kecamatan Metro Selatan, dan Kecamatan Metro Utara. 

“Sampai sekarang ini tinggal satu sapi yang masih sakit. Yang lain sudah sembuh. Tapi kita terus pantau kesehatannya, agar tidak terjadi penularan PMK ke daerah-daerah lainnya,” pungkas Hery Wiratno. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: