Bupati Kukuhkan P3A Tanggamus

Bupati Kukuhkan P3A Tanggamus

Bupati Dewi Handajani mengukuhkan dan melantik Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3 A ) Kabupaten Tanggamus. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Dewi Handajani mengukuhkan dan melantik Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A) Tanggamus periode 2022-2026, Senin 18 Juli 2022. 

Kegiatan yang dibarengi sosialisasi dan bimbingan teknis rehabilitasi hutan dan lahan itu dihadiri Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Direktur Irigasi Kementerian Pertanian Ir. Rahmanto; Ketua DPRD Heri Agus Setiawan dan Wakil Bupati AM Syafi'i.

Dalam sambutannya Bupati Dewi Handajani mengucapkan selamat atas pengukuhan dan pelantikan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tanggamus.     

"Saya ucapkan selamat kepada yang telah dikukuhkan. Semoga dapat mengemban amanah dan menjadikan insan pertanian di Tanggamus lebih profesional dan handal,” kata Dewi Handajani.

BACA JUGA: Pencemaran Laut di Lampung Timur Berakibat Dampak Jangka Panjang

Menrut Dewi, pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi tersier menjadi hak dan tanggung jawab P3A. Untuk pengembangan sistem dan pengelolaan air  irigasi yang baik serta berkelanjutan diperlukan kelembagaan yang kuat. Tujuannya meningkatkan produktivitas dan produksi petani.

"Mari kita terus bekerja keras menjaga kekompakan dan sinergitas agar semua pekerjaan dapat terlaksana dengan baik dan optimal. Sehingga ada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Begawi Jejama," tegas Dewi Handajani. 

Dilanjutkan, pengairan yang baik merupakan tulang punggung petani dalam pencapaian keberhasilan produksi hasil pertanian.

Kemudian mendorong terwujudnya pembangunan pertanian yang berkelanjutan. 

BACA JUGA: Jemaah Haji Kota Metro Dijadwalkan akan Tiba Tanggal Segini

Namun ada beberapa kendala yang dihadapi petani, terutama dalam bidang pengairan. Sebab pada saat musim tanam tiba, terkadang air tidak mencukupi kebutuhan.

”Karena itu kehadiran P3A dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan sistem pembagian air yang adil dan merata,” ungkap Dewi Handajani. 

"Harapan kami, P3A Tanggamus mampu menciptakan masyarakat petani yang mandiri, modern dan sejahtera. Para pengurus yang dikukuhkan ini harus mampu memperkuat kelembagaan dan mewujudkan pertanian yang hemat air serta ramah lingkungan  sehingga meningkatkan hasil produksi pangan,” urainya. 

Sementara Direktur Irigasi Kementerian Pertanian Rahmanto mengatakan, pangan merupakan aspek yang sangat penting dan krusial dalam kebutuhan pokok manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: