Seminar Nasional UIN Raden Intan Lampung, Perjuangkan KH Ahmad Hanafiah Sebagai Pahlawan Nasional

Seminar Nasional UIN Raden Intan Lampung, Perjuangkan KH Ahmad Hanafiah Sebagai Pahlawan Nasional

Seminar nasional dorong KH Ahmad Hanafiah sebagai pahlawan nasional. --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Nama KH Ahmad Hanafiah terus didorong untuk tercatat secara resmi sebagai pahlawan nasional asal Lampung.

Dorongan tersebut dilakukan Pemprov Lampung dan Pemkab Lampung Timur bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL).

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengatakan, dorongan  pemberian gelar pahlawan nasional kepada KH Ahmad Hanafiah sudah sejak lama dilakukan.

Bahkan sejak ia masih menjabat sebagai Bupati Lampung Timur. 

"Untuk diketahui, perjalanannya sudah lama. Dari zaman saya masih bupati. Kemudian dilanjutkan oleh pak Dawam," kata Chusnunia saat membuka seminar nasional perjuangan KH Ahmad Hanafiah mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Lampung, Rabu 27 Juli 2022.

BACA JUGA: Sering Terjadi Kecelakaan dan Telan Korban Jiwa, Polres Tulang Bawang Agendakan Patroli di Jalan Nasional Lint

Menurut Chusnunia, meski Lampung memiliki nama tokoh dalam perjuangan kemerdekaan RI, namun untuk KH Ahmad Hanafiah harus benar-benar dikawal sampai bisa diresmikan.

"Ini harus kita kawal sampai berhasil. Lampung punya peran yang signifikan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Tokohnya bukan hanya Raden Intan II yang sudah menjadi pahlawan nasional. Tetapi ada juga tambahan yang sedang kami perjuangkan. Akan diupayakan semaksimal mungkin," tegas Chusnunia. 

Sementara Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo mengungkapkan, KH Ahmad Hanafiah merupakan pejuang yang gugur sebagai putra bangsa. 

Pejuang kemerdekaan NKRI pada tahun 1947 sampai 1949 melawan agresi Belanda di perbatasan Lampung-Palembang. Karena itu, ia pantas dianugerahi gelar pahlawan nasional.

BACA JUGA: Tim Forensik Temukan Fakta Baru, Hasil Autospi Ulang Brigadir J Keluar 4-8 Minggu

"Juga karena beliau telah gugur sebagai syahid di medan pertempuran dalam mempertahankan dan membela bangsa kita," kata Dawam.

KH Ahmad Hanafiah adalah tokoh intelektual Islam yang aktif dan berpengaruh dalam upaya meningkatkan martabat bangsa melalui pendidikan dan dakwah Islam.

"Suatu kebanggaan bagi kami karena beliau adalah tokoh pejuang inspiratif dari Lampung Timur, yang punya peran besar dalam mempertahankan kemerdekaan," sebut Dawam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: