Penyerapan Anggaran di OPD Lampura Masih Rendah, Begini Kata Sekkab

Penyerapan Anggaran di OPD Lampura Masih Rendah, Begini Kata Sekkab

Kantor Pemkab Lampura--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), aktif mendorong penyerapan anggaran dilaksanakan secara maksimal.

Berkaca dengan anggaran sejumlah pemerintah daerah (Pemda), pemerintah pusat mencatat anggaran  mengendap di bank - bank menjadi mitranya sebesar Rp220, 95 triliun.

Untuk itu, Sekdakab Lampura, Drs Lekok, MM mengatakan, pihaknya selalu mendorong dinas/instansi dalam melaksanakan penyerapan di lapangan.

Hal itu, guna memaksimalkan program - program pemerintah, khususnya berhubungan dengan kebutuhan dasar masyarakat.

BACA JUGA:Politisi Malaysia Perkosa PRT Indonesia, Hukumannya Mengejutkan!

Namun demikian, menurutnya, ada beberapa dinas yang anggarannya terbilang besar agak terlambat dalam melakukan penyerapan.

Seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Perdagangan serta lainnya memiliki kegiatan fisik.

"Itu kenapa rendah, karena mereka (dinas, Red) belum melaksanakan kegiatan fisik sehingga realisasi anggarannya belum maksimal. Namun, pemerintah daerah telah mendorong OPD - OPD terkait dalam memaksimalkan anggaran, bahkan setiap priodiknya (triwulan)," ujar Lekok, Kamis 28 Juli 2022.

Sehingga, lanjutnya, program - program yang telah direncanakan pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

BACA JUGA:HIPDI – Sheraton – Moelia Design Berkolaborasi Gelar Pameran Wedding

Dan tak terjadi Mis persepsi terhadap tata kelola pemerintah yang dilaksanakan saat ini.

"Alhamdulillah, saat ini telah mulai berjalan kegiatan - kegiatan fisik yang ada di beberapa dinas (OPD). Sehingga, sedikit banyak serapannya meningkat," kata Lekok.

Ia juga mengaku, saat ini penyerapan anggaran  di OPD Kabupaten Lampura,  mendekati bulan Agustus 2022, rata-tata masih sekitar 30 persen dari besar masing-masing Anggaran di OPD.

"Jadi kita memang sangat rendah sekali penyerapan angarannya di OPD. Untuk itu, kita akan mendorong untuk segera menyerap anggaran tersebut melalui OPD masing-masing," terang Bang Lekok sapaan akrab Sekkab Lampura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: