Iklan Bos Aca Header Detail

Sekkab Tanggamus Serahkan Gerobak Sampah dan Motor

Sekkab Tanggamus Serahkan Gerobak Sampah dan Motor

Sekretaris Kabupaten Tanggamus Hamid H. Lubis menyerahkan bantuan sarana dan prasarana persampahan berupa empat gerobak sampah dan stu unit motor roda tiga. FOTO BAGIAN PROTOKOL SETKAB TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemkab Tanggamus melalui Dinas Lingkungan Hidup memberikan bantuan sarana dan prasarana persampahan berupa empat gerobak sampah dan satu unit motor roda tiga.     

Prasarana persampahan tersebut diserahkan Sekretaris Kabupaten Tanggamus Hamid H. Lubis kepada pengurus SOKLI Pasar Kotaagung dan Bank Sampah Mutiara, Kelurahan Pasar Madang. 

Pada kesempatan itu, Hamid H. Lubis jika sampah dibiarkan, dapat menimbulkan berbagai masalah. Di antaranya lingkungan yang kotor, bau dan menimbulkan berbagai macam penyakit. 

Karenanya dalam rangka mendukung program penanganan sampah, maka diberikan bantuan sarana dan prasarana persampahan.

BACA JUGA: Terlilit Hutang Miliaran Rupiah, Ini Penjelasan Oknum Bidan Nekat Gelapkan Mobil Rental

”Saya harapkan kita semua peduli dan bertanggung jawab mengatasi masalah ini,” kata Hamid H. Lubis.

Berdasar data Dinas Lingkungan Hidup, Kotaagung Pusat termasuk katagori kota kecil dengan timbulan sampah dikisaran 2,5-2,75 liter per orang per hari dengan porsi 

75 persen sampah pemukiman dan 25 persen sampah non pemukiman.

Terkait hal itu, diharapkan semua elemen lebih serius dalam menangani permasalahan sampah. Terutama untuk sampah rumah tangga dan sejenis rumah tangga.

BACA JUGA: Mendag Zulkifli Hasan Siapkan Strategi Naikkan Harga Tandan Buah Segar Sawit

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 mengamanatkan, upaya pengelolaan persampahan meliputi kegiatan pengurangan dan penanganan sampah. 

Kegiatan pengurangan sampah antara lain pembatasan timbulan sampah, pendaur ulang sampah dan memanfaatkan kembali sampah.

Dalam hal ini pemerintah daerah sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk ikut andil dengan cara salah satunya adalah membentuk Bank Sampah. 

”Untuk itu mari sama-sama kita apresiasi semangat masyarakat Kelurahan Pasar Madang yang telah membentuk Bank Sampah Mutiara dan melakukan launching pengiriman perdana sampah terpilah ke Bank Sampah Induk Tanggamus,” sebut dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: