Bahaya! Tujuh Ekor Gajah Mendekat ke Kantor Kecamatan Suoh

Bahaya! Tujuh Ekor Gajah Mendekat ke Kantor Kecamatan Suoh

--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kawanan gajah dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) mendekati kantor Kecamatan Suoh, Lampung Barat, Kamis sore 4 Agustus 2022. 

Tujuh anggota kelompok hewan berbelalai itu terpantau berjarak sekitar 700 meter dari kantor kecamatan. Masuk dalam wilayah Pekon Sumberagung.

Anggota Satgas Penanganan Konflik Gajah Suoh Sugeng Hari KInaryo Adi mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya yang dipimpin pihak Balai Besar TNBBS melakukan penggiringan hingga ke hulu Way Mendati.

Mendekati Kecamatan Ngambur di Kabupaten Pesisir Barat. Namun dalam dua hari terakhir, kawanan gajah kembali mendekati Pekon Ringinsari dan Sumberagung, Kecamatan Suoh.

BACA JUGA: Temui Satgas Konflik Gajah, Anggota DPR RI Sampaikan Ini

”Selanjutnya dengan turunnya kembali 18 ekor gajah tersebut, kami kembali melakukan penggiringan menuju arah Telaga Biru. Namun ada tujuh ekor yang berbelok, jaraknya hanya 700 meter dari permukiman,” sebut Sugeng.

Sugeng yang juga anggota DPRD Lampung Barat mengungkapkan, tujuh ekor gajah yang mendekati pemukiman tersebut, membuat pihaknya melakukan blokade dan penghalauan.

Sementara untuk penggiringan tidak memungkinkan. Sebab kondisi medan yang curam mencapai 90 derajat.

”Kami juga melalui aparat pekon menyampaikan kepada masyarakat agar tetap waspada. Untuk sementara tidak beraktifitas di sekitar lokasi kawanan gajah terpantau, dan melakukan pencegahan seperti mengumpulkan ban bekas untuk dibakar pada malam hari,” kata Sugeng.

BACA JUGA: Petik Cabai, Nenek di Lampung Barat Disenggol Gajah

Dilanjutkan, di lokasi kawanan gajah tersebut, terpantau tidak ada ketersediaan makanan, seperti pisang, pinang dan lainnya.  

Lokasi berada di hutan belukar dan kebun karet. Karena itu berpotensi merangsek ke permukiman. Di mana, banyak tanaman yang biasa dimakan oleh hewan berbelalai tersebut.

”Kami akan terus melakukan pemantauan kawanan gajah tersebut. Jangan jangan sampai masuk ke pemukiman,” tegasnya. 

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI Mukhlis Basri secara khusus menemui personel satuan tugas (Satgas) Penanggulangan Konflik Gajah Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: