HUT 77 RI

Satgas Kerepotan, Dekati Pemukiman di Suoh, Kawanan Gajah Terpecah Dua

Satgas Kerepotan, Dekati Pemukiman di Suoh, Kawanan Gajah Terpecah Dua

Penghalauan gajah di Kecamatan terhambat karena hewan tersebut terpecah menjadi dua kelompok. --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kelompok gajah yang mendekati Pekon Sumber Agung, Kecamatan Suoh, Lampung Barat terpecah. Satu kelompok berada tidak jauh dari kantor kecamatan. 

Camat Suoh Dapet Jakson mengungkapkan, pihaknya bersama petugas TNBBS Resort Suoh, Satgas Penanganan Konflik Gajah, TNI, Polri dan masyarakat melakukan blokade dan penghalauan, Kamis malam, 4 Agustus 2022. 

Menurut dia, keberadaan kawanan gajah ini cukup merepotkan. Sebab hewan berbelalai itu terpecah menjadi dua kelompok. 

Salah satu kelompok berada sekitar satu kilometer dari permukiman dan kantor Kecamatan Suoh.

BACA JUGA: Bidpropam Polda Lampung Razia Anggota di Mapolres Lampura

"Karena kawanan gajah ini terpecah menjadi dua, petugas yang melakukan penghalauan juga terbagi menjadi tiga kelompok. Melakukan penghalauan agar kawanan gajah ini tidak merangsek ke arah permukiman," kata Dapet Jakson.

Keberadaan kawanan gajah tersebut, terus Dapet Jakson, sangat meresahkan masyarakat. Hingga saat ini belum ditemukan solusi prihal konflik yang hampir terjadi sepanjang tahun tersebut.

"Masyarakat selalu merasa was-was. Khawatir kawanan gajah masuk permukiman. Terlebih untuk beraktifitas di kebun, masyarakat juga merasa takut,” sebut dia. 

Diketahui, kawanan gajah dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) mendekati kantor Kecamatan Suoh, Lampung Barat, Kamis sore 4 Agustus 2022. 

BACA JUGA: Cinta Univesitas Lampung? Buktikan Dengan Karya, Bukan Kata-kata

Tujuh anggota kelompok hewan berbelalai itu terpantau berjarak sekitar 700 meter dari kantor kecamatan. Masuk dalam wilayah Pekon Sumberagung.

Anggota Satgas Penanganan Konflik Gajah Suoh Sugeng Hari KInaryo Adi mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya yang dipimpin pihak Balai Besar TNBBS melakukan penggiringan hingga ke hulu Way Mendati.

Mendekati Kecamatan Ngambur di Kabupaten Pesisir Barat. Namun dalam dua hari terakhir, kawanan gajah kembali mendekati Pekon Ringinsari dan Sumberagung, Kecamatan Suoh.

”Selanjutnya dengan turunnya kembali 18 ekor gajah tersebut, kami kembali melakukan penggiringan menuju arah Telaga Biru. Namun ada tujuh ekor yang berbelok, jaraknya hanya 700 meter dari permukiman,” sebut Sugeng.

Sumber: