Universitas Teknokrat Indonesia Sebar Calon Guru ke Sekolah-Sekolah Melalui Program PPL

Universitas Teknokrat Indonesia Sebar Calon Guru ke Sekolah-Sekolah Melalui Program PPL

FOTO DOK. FSIP UTI - Mahasiswa FSIP Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sejumlah sekolah yang ada di Provinsi Lampung.--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Mahasiswa Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP)  Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sejumlah sekolah yang ada di Provinsi Lampung.

PPL merupakan muara dari semua kegiatan teori dan praktik bagi mahasiswa yang akan meyelesaikan studi di perguruan tinggi, khususnya di Program Studi Ilmu Pendidikan. Serangkaian kegiatan diprogramkan agar mahasiswa mengenal dengan baik tempat yang kelak akan menjadi tempat tugasnya.

PPL diberikan pada mahasiswa untuk memberikan dan membekali mahasiswa calon guru dengan kemampuan yang beragam. Untuk melaksanakan tugas baik tugas mengajar (teaching) maupun tugas kependidikan lainnya (non teaching). 

"Hal ini sesuai dengan visi dari Program Studi Ilmu Pendidikan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia yaitu lulusan menjadi tenaga pendidik yang unggul dan berstandar internasional," kata Wakil Rektor Mahathir Muhammad, Minggu 7 Agustus 2022.

BACA JUGA:Konsultasi dengan Pria Lain dalam Hotel, Suami Laporkan Istri Selingkuh

Universitas Teknokrat Indonesia yang merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik ASEAN, pada tahun 2022 ini melaksanan program PPL di dua kabupaten. Yaitu di Kabupaten Tanggamus tersebar pada     8 sekolah dan Lampung Timur tersebar pada 7 sekolah swasta maupun negeri.

"Mahasiswa peserta PPL tahun 2022 sebanyak 126 mahasiswa yang terdiri dari tiga program studi pendidikan. Yakni pendidikan olahraga, pendidikan matematika, dan pendidikan Bahasa Inggris. Juga telah menyampaikan dan telah disetujui nota kesepahaman dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," ujar Mahathir Muhammad.

PPL ini juga bertujuan untuk mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, akademik, dan sosial psikologi sekolah tempat praktik mengajar. Kemudian, menguasai berbagai keterampilan dasar proses pembelajaran, menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan, serta mampu mengembangkan aspek kepribadian dan sosial.

"Dengan harapan dari pihak sekolah semoga para mahasiswa calon guru ini dapat melaksanakan semua tugas yang diberi oleh guru pamong masing-masing sesuai spesialisasi, disiplin dan bertanggung jawab akan tugasnya. Harapan pihak kampus semoga dengan adanya kegiatan PPL ini mampu melatih mahasiswa calon guru agar memiliki kompetensi yang disyaratkan bagi seorang guru," ungkap Mahatir.

BACA JUGA:Astaga! Pembunuhan Remaja di Lampung Barat Dipicu Sebutan Ini

Adapun tempat PPL mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Olahraga  FSIP Universitas Teknokrat Indonesia di Tanggamus dan Lampung Timur tersebar ke berbagai sekolah.

Di Tanggamus yakni SMA Negeri 1 Semaka Kota Agung, SMA Negeri 1 Kota Agung, SMA Negeri 2 Kotagung, SMA Muhammadiyah Gisting, SMA Negeri 1 Sumber Rejo, SMA Negeri 1 Talang Padang, dan SMK Negeri 1 Talang Padang.

Kemudian di Lampung Timur yaitu MAN 1, SMAN 1 Way Jepara, SMAN 1 Sribawono, SMA Teladan Way Jepara, SMK Budi Utomo Way Jepara, SMA Muhammadiyah 1 Sribawono, SMA Negeri 1 Sukoharjo, dan SMA Negeri 1 Kibang. 

Mahathir Muhammad juga mengatakan, program PPL ini sangat penting. Sebab menjadi wadah untuk para mahasiswa calon pendidik mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: