Tingkatkan Produksi Pertanian, Pemprov Lampung Manfaatkan Lahan Tidur

Tingkatkan Produksi Pertanian, Pemprov Lampung Manfaatkan Lahan Tidur

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Upaya peningkatan perekonomian Lampung terus dilakukan Pemprov Lampung, terutama dalam meningkatkan produksi pertanian. Karenanya Pemprov Lampung memanfaatkan lahan tidur guna mendongkrak sektor pertanian.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretarait Provinsi Lampung Kusnardi pada Minggu 7 Agustus 2022 menyebut, beberapa sektor pertanian Lampung cocok dengan kondisi lahan tidur yang dimiliki Lampung saat ini. Sebut saja produk pertanian yang memang menjadi sektor penting.

"Pemanfaatan lahan tidur kita sebenarnya bisa dan cocok di tanam seperti beberapa sayuran, jagung, padi sampai kedelai," kata Kusnardi.

Tidak hanya Pemprov Lampung nantinya. Namun juga beberapa stakeholder terkait seperti TNI/Polri hingga BUMN akan terlibat. Dengan demikian, potensi ketahanan pangan Lampung tetap terjaga hingga bisa menopang beberapa provinsi sekitar.

BACA JUGA:Lakalantas yang Libatkan Asisten Pribadi Hotman Paris Berakhir secara Kekeluargaan

"Kita ini targetnya ialah ketahanan pangan tercapai. Karenanya akan dilakukan beberapa upaya agar maksimal," tambah Kusnardi.

Selanjutnya, Pemprov Lampung juga akan memberikan sejumlah bantuan bibit tanaman guna memaksimalkan penggunaan lahan tidur ini. Apalagi beberapa komoditas memang saat ini cukup sulit dan harganya sangat tinggi, yakni kedelai. 

"Seperti kedelai saja, kami akan melakukan kerjasama dengan PTPN agar lahan nya bisa dimanfaatkan untuk ditanami kedelai. Tapi tidak menutup kemungkinan jenis lainnya," tambahnya.

Selanjutnya, para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) juga diminta kerja ekstra untuk memberikan pemanahan kepada para petani cara dalam memanfaatkan lahan tidur.

BACA JUGA:Ciptakan Harmonisasi Kehidupan Masyarakat di Pekon Teba

Hal ini perlu dilakukan, mengingat petani umumnya membiarkan lahan yang mereka miliki. Padahal jika dilakukan penanaman bisa menghasilkan keuntungan. 

"Petani memang terkadang membiarkan lahan, sehingga kurang bermanfaat. Hanya kami akan meminta peran PPL guna melakukan edukasi pentingan penggunaan lahan tidur di masyarakat," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: