Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi Nasional, Gubernur Lampung Sampaikan Apresiasi

Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi Nasional, Gubernur Lampung Sampaikan Apresiasi

--

BACA JUGA: Luar Biasa, Triwulan 2 Tumbuh 9,12 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Lampung Terbaik di Sumatera

Menurut dia, beberapa hasil pertanian dan perkebunan di Lampung menduduki peringkat tertinggi nasional. Seperti kopi, lada dan tebu di peringkat dua, kakao peringkat lima dan karet di posisi ketujuh, 

Tidak hanya itu. Lampung juga merevitalisasi tambak udang, dari tradisional menjadi semi intensif dan intensif di Lampung Selatan.

Produksi udang di kabupaten itu sebanyak 21,58 persen, menyumbang dari total produksi udang di Lampung pada catatan tahun 2020.

Selain itu, untuk produksi perikanan tangkap dan budidaya, dilakukan restocking di perairan umum dengan melepaskan 420.000 ekor ikan yang terdiri dari 200.000 ekor Jelambat dan 220.000 ekor Baung.

BACA JUGA: Ternyata Pertumbuhan Triwulan II Lampung Tertinggi Se-Indonesia

Kemudian Lampung sebagai lumbung ternak nasional. Menempati peringkat pertama nasional dalam inseminasi buatan serta peringkat tiga nasional dalam kebuntingan ternak dan angka kelahiran ternak.

"Pemprov Lampung juga mendorong pertumbuhan industri pengolahan dan UMKM di mana untuk mendorong tumbuhnya pusat-pusat ilustrasi dari produk-produk UMKM berbasis komunitas unggul Lampung saat ini akan direncanakan membangun UMKM center," urai Arinal Djunaidi. 

Dampak yang dihasilkan pasca kebijakan terhadap pertumbuhan ekonomi triwulan II 2022 adalah peningkatan mobilitas masyarakat Lampung di tempat ritel dan rekreasi, tempat belanja dan farmasi, taman, tempat transit, dan tempat kerja. 

"Produksi komoditas tanaman pangan juga mengalami peningkatan. Secara kuartal, komoditas pengungkit utama pertumbuhan tanaman pangan adalah padi dan ubi kayu dengan nilai produksi tertinggi di sumatera. Secara tahunan, komoditas pengungkit utama pertumbuhan tanaman pangan adalah jagung, kedelai dan ubi kayu," katanya.

BACA JUGA: Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Dukung Peningkatan Perekonomian

Panen raya di beberapa kabupaten di Tulang Bawang, Mesuji, dan Way Kanan. Serta panen jagung di Kabupaten Lampung Barat.

Sementara Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyatakan, keberhasilan Lampung meraih pertumbuhan ekonomi tertinggi nasional ini merupakan hasil dari penguatan pondasi ekonomi, penataan birokrasi dan tata kelola keuangan yang dicanangkan gubernur sejak awal menjabat. 

"Saatnya memang kita memetik hasil dari penguatan-penguatan tiga hal mendasar itu," kata Fahrizal Darminto.

Pada bagian lain, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung Mulyadi Irsan menegaskan, pertumbuhan ekonomi tertinggi ini merupakan sesuatu yang telah direncanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: