9.270 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB, Ini Pesan Rektor Universitas Lampung

9.270 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB, Ini Pesan Rektor Universitas Lampung

Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) ajaran 2022/2023 di GSG Universitas Lampung, Senin 15 Agustus 2022. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 9.270 mahasiswa baru mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) ajaran 2022/2023 di GSG Universitas Lampung, Senin 15 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama empat hari, mulai Senin 15 Agustus 2022. 

"Selama empat hari, Anda semua akan menjalani PKKMB. Dua hari di tingkat kampus dan dua hari tingkat fakultas," kata Wakil Rektor III Unila Prof. Yulianto saat membacakan laporan pada sidang senat terbuka mahasiswa baru tersebut.

Prof. Yulianto mengatakan, PKKMB adalah media untuk mengenalkan dan membekali para mahasiswa baru akan dinamika dan dialektika atmosfer akademik dan proses pembelajaran di perguruan tinggi. 

BACA JUGA: Universitas Lampung Kejar Target MURI, Pengukuhan Guru Besar Terbanyak

"PKKMB adalah sebuah wahana untuk mengenalkan dan membekali para mahasiswa baru akan dinamika dan dialektika atmosfir akademik dan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang tentunya sangat berbeda dengan apa yang sudah ditemukan, dirasakan, dan dilihat pada tingkat pendidikan sebelumnya," kata Prof. Yulianto.

Di Unila, terus Prof. Yulianto, mahasiswa dituntut untuk mengenal lebih dekat dan memahami seluk beluk kehidupan kampus sebagai insan intelektual yang mengedepankan akal rasional serta nurani untuk menumbuhkan atmosfir kehidupan kampus yang marak, dinamis, demokratis, sejuk dan ilmiah.

"Selain itu PKKMB memiliki tujuan untuk membimbing dan membina mahasiswa baru untuk bersikap dan bertingkahlaku sesuai dengan tata nilai, etika, serta norma yang berlaku di lingkungan Unila, serta menumbuhkan kesadaran dan peran serta mahasiswa dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," papar Prof. Yulianto.

Kepada seluruh mahasiswa baru, Prof. Yulianto diharapkan dapat mengikuti PKKMB secara serius dan memperhatikan kesehatan diri selama pelaksanaan kegiatan. 

BACA JUGA: Cinta Universitas Lampung? Buktikan Dengan Karya, Bukan Kata-kata

"Selamat mengikuti program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Universitas Lampung tahun Akademik 2022/2023," ujarnya. 

Sementara Rektor Unila Prof. Karomani mengatakan, mahasiswa baru memulai fase kehidupan baru, Meneruskan filosofi pembelajaran dari Ki Hadjar Dewantara. 

"Paradigma pendidikan harusnya berpulang pada kemerdekaan belajar dan kemandirian untuk mendapat tujuan hidup sebagai manusia seutuhnya yang bermanfaat," kata Prof. Kkaromani.

Menurut Prof. Karomani, filosofi tersebut menjadi dasar merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Hal itu untuk menjadi pelajar yang merdeka. Selain filosofi, dunia pendidikan sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: