Iklan Bos Aca Header Detail

Maknai HUT RI ke 77, Bundo Kanduang Gelar Sumarak Warisan Pakaian Adat Minangkabau

Maknai HUT RI ke 77, Bundo Kanduang Gelar Sumarak Warisan Pakaian Adat Minangkabau

Foto Anggi Rhaisa: Ketua Pembina Bundo Kanduang Provinsi Lampung,Merry Wati Syarief didampingi Ketua Bundo Kanduang Provinsi Lampung, Elma Rosita berfoto bersama dengan Pengurus Bundo Kanduang Provinsi Lampung dan Perwakilan undangan dalam acara Gebyar --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bundo kanduang Provinsi Lampung menyelenggarakan gebyar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 di Hotel Emersia Hotel dan Resort pada 17 Agustus 2022.

Gebyar Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 berlangsung di Hotel Emersia Hotel&Resort selama dua hari (16-17 Agustus 2022) dan Puncaknya berlangsung pada 17 Agustus 2022 ini bertemakan "Sumarak Warisan Pakaian Adat Minangkabau".

Berbagai kegiatan yang ditampilkan Bundo Kanduang Provinsi Lampung dalam gebyar peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 

Mulai dari Tari pasambahan alunan musik minangkabau dari Sanggar Bundo Kanduang Kota Bandar Lampung lebih seru lagi ada acara menari seluruh yang hadir di acara ini dengan Lagu Baralek Gadang

Memaknai Kemerdekaan Ketua Bundo Kanduang Provinsi Lampung, Elma Rosita berharap Kemerdekaan RI selalu terjaga dengan keberagaman suku dan adat di Provinsi Lampung salah satunya keberadaan Bundo Kanduang di Provinsi Lampung akan selalu bersinergi dengan stakeholder salah satunya dengan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia terutama Provinsi Lampung Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih kuat dari Pandemi Covid-19.

"Ini juga sejalan dengan Tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI 2022 adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat salah satunya dengan cara melestarikan seni budaya minangkabau dimana Bundo Kanduang mengadakan Gebyar Peringatan Hut Kemerdekaan RI yang bertemakan Sumarak Warisan Pakaian Adat Minangkabau," katanya. 

Selain itu, Bundo Susi sapaan akrab Elma Rosita, melanjutkan bahwa Pengurus Bundo Kanduang Provinsi Lampung saat ini banyak bundo bundo usia muda punya ide ide kreatif namun tetap mengutamakan nilai budaya Minangkabau.

"Kami Bundo Kanduang Provinsi Lampung juga sangat berterimakasih kepada Ketua Pembina Bundo Kanduang Provinsi Lampung Bundo Merrywati Syarief aktif mensupport maupun memberikan masukan disetiap kegiatan bundo Kanduang Provinsi Lampung, Terimakasih juga kepada semua penasehat Bundo kanduang " jelas Bundo Susi pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Sementara,  Ketua Pembina Bundo Kanduang Provinsi Lampung, Merrywati Syarief mengapresiasi Bundo Kanduang Provinsi Lampung aktif berorganisasi dan tetap menjalani kehidupan berumah tangga.

Seperti Kegiatan  pada hari ini berupa Fashion Week Minangkabau ini merupakan puncak kegiatan  Gebyar Hut Kemerdekaan RI ke 77 yang berlangsung sejak kemarin makan bajamba yang dimodifikasi, pengajian, pemberian santunan dan lainnya. 

"Bundo Kanduang merupakan organisasi Wanita Minangkabau  bahkan sudah  memiliki perwakilan diberbagai negara dan dalam waktu dekat akan mengadakan Kongres Bundo Kanduang Sedunia di Batusangkar Provinsi Sumatera Barat," kata Bundo Merry pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Untuk acara puncak gebyar Kemerdekaan RI ke 77 juga dihadiri langsung Plh.Asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesra Bandar Lampung sekaligus Kepala Bappeda kota Bandar Lampung (Mewakili Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana), Dr.Khaidarmansyah, Dr. Hj.Armalia Reny Madrie AS.,MM  (Ketua IWAPI Lampung) , IKTD Provinsi Lampung dan Pengurus, Ketua BKOW Lampung (Risnaeni) , Ir.Ishar Madi,MS (Ketua IKA Unand) dan organisasi lainnnya.

Dr.Khaidarmansyah mengapresiasi  Minangkabau Fashion Week ini bisa melestarikan seni dan budaya minangkabau di Provinsi Lampung khususnya kota Bandar Lampung. "Kota Bandar Lampung bisa Jadi Kota Busana. Dan tentunya ini berimbas dalam peningkatan UMKM Kota Bandar Lampung," ucap dia.

Risnaeni pun mengapresiasi gebyar Kemerdekaan RI-77 yang bertemakan Sumarak Warisan Pakaian Adat Minangkabau. "Semoga adat budaya ini bisa pertahankan meski bukan di Sumatera Barat tetapi seolah seolah berada didaerah Sumatera Barat," tambah dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: