YJI Bersama Dinas Kesehatan Tanggamus Gelar Lomba Senam Jantung Sehat Seri V dan Senam Hip Heart Seri II

YJI Bersama Dinas Kesehatan Tanggamus Gelar Lomba Senam Jantung Sehat Seri V dan Senam Hip Heart Seri II

Ketua YJI Cabang Tanggamus Sri Nilawati pada lomba senam jantung sehat.-Foto: Diskominfo Tanggamus-

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Tanggamus bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menyelenggarakan lomba Senam Jantung Sehat Seri V dan Senam Hip Heart Seri II tingkat Kecamatan Sumberejo.

Kegiatan dibarengi pelayanan kesehatan pemeriksaan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) di aula Kantor Kecamatan Sumberejo, Jumat 19 Agustus 2022. 

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, serta dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah, camat, uspika dan Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Sumberejo, pengurus YJI Tanggamus, TP PKK, GOW, ASIAFI, serta kepala pekon setempat. 

Ketua YJI Cabang Tanggamus Hj. Sri Nilawati dalam laporannya menyampaikan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

BACA JUGA:Breaking News!! Putri Candrawathi Istri Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka Penembakan Brigadir Yosua

Ini sejalan dengan misi YJI, yaitu memasyarakatkan kegiatan olahraga seperti senam jantung sehat di masyarakat.

"Agar menjadi salah satu senam yang dipraktekkan di klub-klub jantung sehat atau sanggar-sanggar senam yang ada," kata Sri Nilawati. 

Selain itu, lanjut Sri Nilawati, dilaksanakan juga kegiatan pemeriksaan deteksi penyakit tidak menular (PTM), berupa TB, BB, golongan darah, tensi darah, kolesterol, asam urat dan gula darah. 

BACA JUGA:Resmi Ditetapkan Tersangka, Putri Candrawathi Tidak Ditahan, Kok Bisa?

Peserta yang mengikuti lomba berasal dari 13 pekon di Kecamatan Sumberejo. Terdiri dari dua grup, yaitu grup senam jantung sehat (usia 30-45 tahun) dan senam Hip Hearth (usia 17-25 tahun).

"Peserta diharapkan menjadi motor penggerak senam jantung sehat di pekonnya masing-masing," harapnya. 

Sementara Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. 

"Semoga dengan adanya lomba senam ini akan mampu menambah pengetahuan serta memberi kesadaran bahwa pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah," kata AM. Syafi'i. 

AM. Syafi'i juga berharap kepada OPD terkait serta organisasi lainnya, seperti TP-PKK, GOW, PERWOSI, ASIAFI, PERSANI, ASKI, dan lainnya, untuk terus bersinergi, berkolaborasi dengan YJI Tanggamus. 

Sumber: