Tim PKM Polinela Beri Solusi Media Promosi Berbasis Web Sebagai Optimasi Usaha 'Tenant Coffee'

Tim PKM Polinela Beri Solusi Media Promosi Berbasis Web Sebagai Optimasi Usaha 'Tenant Coffee'

Tim Pelaksana PKM Program Studi Pengembangan Produk Agroindustri Polinela dan anggota Kelompok Tani Sido Maju Produk Tenant Coffee Desa Kalisari Natar Lampung Selatan. Foto Tim Polinela--

Pada Kelompok Tani Sido Maju Desa Kalisari Natar Lampung Selatan

NATAR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kopi merupakan minuman yang popular sebagai minuman yang digemari di seluruh dunia. Kelompok Tani Sido Maju yang berlokasi di Desa Kalisari Kecamatan Natar Lampung Selatan memanfaatkan sumberdaya alam yaitu kopi hasil budidaya dari petani Lampung Barat dan Oku Selatan dengan membuat produk Kopi 'Tenant Coffee'.

Tenant Coffee merupakan salah satu produk unggulan Lampung yang kita ketahui bahwa kecamatan Natar bukan penghasil kopi.

Namun, Kelompok Tani Sido Maju melalui Ketua 'Tenant Coffee' Misbakhul Munir memiliki kreativitas untuk memberdayakan Wanita tani untuk melakukan pengolahan kopi bubuk.

Lebih rinci, Tenant Coffee memiliki beberapa produk unggulan yaitu Kopi Fine, Kopi Okus, Kopi Lanang dan mengkudu, dan kopi bubuk komersial.  

Produk kopi ini memiliki pangsa pasar tersendiri kopi fine untuk menyukai kopi specialty dengan bahan baku buah kopi petik merah level sangrai medium, kopi Okus untuk konsumen yang menyukai kopi dengan bahan baku grade mutu 2 dan level sangrai dark, campuran kopi lanang untuk konsumen yang menyukai kopi herbal dengan bahan baku grade mutu 3 level sangrai medium, dan kopi bubuk komersial dari bahan baku kopi asalan dengan level sangrai dark. 

Permasalahan pemasaran kopi tenant hanya terbatas pada pemasaran lokal, hal ini menyebabkan keuntungan kopi bubuk 'Tenant Coffee' belum maksimal sehingga dibutuhkan media promosi berbasis Web untuk optimasi Usaha Tenant Coffee.

Sehingga dapat memperluas pemasaran melalui pelatihan desain Web kopi 'Tenant Coffee'. 

Taufik Nugraha Agassi S.T.P., M.Sc selaku Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat politeknik Negeri Lampung (Ketua TIM PKM Polinela) menyatakan bahwa  bahwa pada Pelatihan ini bertujuan mengenalkan dan membuat media online untuk membantu dalam pemasaran produk kelompok tani Tenant Coffee. 

Pelatihan di laksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022 bertempat di UD Tenant Coffee Desa Kalisari Natar Lampung Selatan. 

Pelatihan didampingi oleh Penyuluh Lapangan Desa Kalisari Eliza Nursoli, A.Md, dan Mahasiswa Pengembangan Produk Agroindustri dan Mahasiswa Manajemen Informatika.

"Mahasiwa berperan untuk membantu desain pemasaran produk Tenant Cofffee pada aplikasi Web Tenant Coffee," jelas Taufik kepada radarlampung.co.id pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Lebih rinci, Taufik menyampaikan bahwa peranan aplikasi media online tersedia mulai dari pesan instan hingga situs jejaring sosial yang menawarkan pengguna untuk  berinteraksi, berhubungan, dan berkomunikasi satu sama lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: