Jalan di Sukau Tertimbun Longsor, Ini Kondisi Terkini

Jalan di Sukau Tertimbun Longsor, Ini Kondisi Terkini

--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tebing longsor terjadi di ruas jalan utama menuju Pemangku Sulung, Pekon Tapak Siring, Kecamatan Sukau, Lampung Barat, Rabu 24 Agustus 2022.

Meski volume longsor tidak terlalu besar, namun sebagian akses jalan menuju wilayah tersebut terganggu. 

Peratin Tapak Siring Samsul Hidayah membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, bencana yang terjadi dini hari itu dipicu tingginya intensitas hujan sejak beberapa hari terakhir. 

“Kejadiannya kemungkinan dini hari tadi. Material longsor menutup hampir sebagian badan jalan. Volumenya tidak terlalu besar, sehingga masih bisa dilewati oleh kendaraan roda empat,” kata Samsul. 

BACA JUGA: Selesai di Rumah Karomani, Penyidik Geledah Kediaman Senat Nonaktif Unila M. Basri, Apa yang Diambil Ya?

”Tadi masyarakat masyarakat sudah selesai melaksanakan gotong-royong membersihkan material longsor yang menutupi jalan,” imbuhnya.

Atas peristiwa itu, pihaknya mengimbau masyarakat, khususnya pengguna jalan di wilayah tersebut agar berhati-hati.

Mengingat jalur tersebut memang rawan terjadi longsor, karena merupakan kawasan perbukitan dengan kontur tanah yang labil.

“Kita minta masyarakat agar waspada. Karena jalur ini sering terjadi longsor. Selain kondisi berbukit, ditambah struktur tanah yang labil membuat wilayah tersebut rawan longsor,” pesannya.

BACA JUGA: Geger, Teror Keranda Mayat di Suoh

Sementara Camat Sukau Andy Cahyadi juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada di tengah kondisi cuaca ekstrem saat ini.

Warga, khususnya pengguna jalan diimbau agar tetap waspada terhadap potensi bencana longsor dan pohon tumbang.

“Di tengah kondisi cuaca saat ini, diperlukan kewaspadaan bersama. Satgas penanggulangan bencana di setiap pekon harus selalu siap agar apabila sewaktu-waktu terjadi bencana, dapat segera berkoordinasi dengan BPBD sehingga mendapat penanganan cepat,” tegasnya.

Sebelumnya, sejumlah titik longsor dan penyempitan badan jalan akibat rumput liar di jalur penghubung Pekon Balak-Suoh, Lampung Barat segera ditangani oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: