Iklan Bos Aca Header Detail

Kolaborasi Pemerintah dengan Pengusaha Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Ciptakan Iklim Usaha yang Kondusif

Kolaborasi Pemerintah dengan Pengusaha Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Ciptakan Iklim Usaha yang Kondusif

FOTO DOK. KEMENKO PEREKONOMIAN - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dalam Musyawarah Nasional I Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Tahun 2022, di Jakarta.--

BACA JUGA:Yayasan Anina Amanah Indonesia Sukses Gelar Grand Opening Cabang Bandar Lampung

“Kemarin kita dapat apresiasi dari International Rice Research Institute (IRRI) untuk swasembada beras,” ucap Menko Airlangga.

Untuk ketahanan pangan, Presiden mendorong diversifikasi pangan, intensifikasi pertanian, dan pengembangan bibit-bibit Genetically Modified Organism (GMO). "Dengan ketahanan pangan yang bagus, maka kita akan bisa konsentrasi di sektor energi pada masa depan,” ucap Menko Airlangga.

Momentum Presidensi G20 Indonesia 2022 yang menuju puncaknya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Negara G20 November 2022 mendatang tentunya juga dimanfaatkan sebaik-baiknya guna mendorong pemulihan dan transformasi ekonomi.

Melalui Presidensi G20, Indonesia mendorong transparansi dan akuntabilitas, baik untuk sektor publik maupun swasta.

BACA JUGA:Sejak Januari, Kejati Selamatkan Rp986 Juta Keuangan Negara

Kolaborasi yang kuat antara Pemerintah dan pengusaha sangat diperlukan dalam menjawab berbagai tantangan ekonomi di depan mata. Termasuk sinergi dengan Pemerintah Daerah yang akan bisa mendorong pengembangan ekonomi regional, khususnya untuk mengakselerasi hilirisasi komoditas.

Selain itu, pengusaha juga harus terus menciptakan inovasi dalam bisnisnya, memanfaatkan kemajuan teknologi digital serta big data, agar mampu meningkatkan daya saing usahanya dan tetap terdepan dalam dunia yang kompetitif ini.

“Nilai digitalisasi Indonesia di 2022 adalah sekitar Rp 20 miliar. Dan ini akan berkembang menjadi Rp 125 miliar di 2025, serta Rp 300 miliar di 2030. Kesempatan ini jangan dilepas, karena Indonesia merupakan pasar yang besar untuk dunia digital,” tutur Menko Airlangga.

Sebagai penutup, Menko Airlangga berharap, melalui Munas I Japnas ini, pengusaha dapat berperan aktif menciptakan iklim usaha kondusif. Juga saling bekerja sama demi mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

BACA JUGA:Kak Seto Upayakan Perlindungan Terhadap Anak Ferdi Sambo, Deolipa Yumara Beri Jawaban Menohok

"Semoga ajang ini juga dapat memberikan semangat kepada para pengusaha muda agar mencapai hasil yang lebih baik lagi di masa depan,” pungkas Menko Airlangga.

Pada acara yang bertema “Bangkit, Bergerak dan Bersinergi Mewujudkan Raksasa Ekonomi Baru Menuju Indonesia Emas”, antara lain hadir pula Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Wakil Menteri Desa dan PDTT, Wakil Menteri Pertanian, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin, serta Ketua Umum PP Japnas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: