Lanud BNY Lampung Akan Gelar Latihan Perang Jalak Sakti, Catat Jadwal Pengalihan Arus Lalulintas

Lanud BNY Lampung Akan Gelar Latihan Perang Jalak Sakti, Catat Jadwal Pengalihan Arus Lalulintas

Pesawat tempur yang akan terlibat dalam skenario latihan menyerang Jalak Sakti 2022. Foto Dok TNI AU--

TUBA, RADARLAMPUNG.CO.ID  - Lanud Pangeran M Bun Yamin (BNY) Tulang Bawang, Lampung, akan menggelar skenario latihan menyerang dalam rangka Jalak Sakti di lingkungan Koops AU I pada tanggal 29 hingga 30 Agustus 2022.

Kegiatan akan dipusatkan di Air Weapon Range (AWR) dan Runway Lanud Pangeran M Bun Yamin, hingga gerbang PT. Sweet Indo Lampung (SIL) Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala, Tulang Bawang.

Jalak Sakti merupakan latihan tempur Koops AU yang di selenggarakan secara rutin. Tahun ini, Lanud BNY kembali ditunjuk sebagai tuan rumah. 

"Iya betul akan dilaksanakan kegiatan Jalak Sakti Tahun 2022 di Lanud BNY. Bapak Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dan para pejabat TNI AU dijadwalkan akan datang," kata Komandan Lanud (Danlanud) BNY Letkol Nav Yohanas Ridwan, Sabtu 27 Agustus 2022.

Sebelumnya pada Tahun 2017 lalu, Lanud BNY juga pernah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan Jalak Sakti di lingkungan Koops AU I.

Akan banyak jenis pesawat tempur dan jenis bom yang digunakan dalam kegiatan ini. Radius bom bahkan bisa sampai berkilo-kilo meter. 

Karena hal ini, arus lalu lintas di Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Menggala akan dialihkan pada jam-jam tertentu.

Kasat Lantas Polres Tulang Bawang Iptu Glend Felix mengatakan, pihaknya mengimbau kepada para pengguna jalan untuk tidak melintas di Jalan Lintas Timur Menggala, sampai wilayah Astra Ksetra saat kegiatan Jalak Sakti. Terkhusus pada hari Senin 29 Agustus 2022 sekira pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. 

"Kendaraan yang melaju dari arah Palembang akan dialihkan menuju gerbang tol Menggala. Kemudian kendaraan dari Bandar Lampung akan dialihkan menuju gerbang tol Gunung Batin," kata Iptu Glend. 

Pengalihan arus lalulintas tersebut dimulai pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2022 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. 

Kasat Lantas menjelaskan, jika para pengguna jalan tidak ingin menggunakan jalur tol mereka dapat menunggu hingga latihan tempur tersebut selesai. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: