Festival Pahawang Bakal Masuk Kalender Wisata Nasional dan Internasional

Festival Pahawang Bakal Masuk Kalender Wisata Nasional dan Internasional

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyambut kedatangan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dengan diawali prosesi pencucian kaki yang dipandu oleh Kades Pahawang Ahmad Salim. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bakal menjadikan Festival Pahawang sebagai even yang masuk dalam kalender nasional dan internasional. 

Menurut Sandiaga Uno, pihaknya membawa tujuh tim konten untuk turut mengembangkan Desa Wisata Pahawang hingga level internasional. 

"Ini sebagai upaya menggeliatkan masyarakat dan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di 2022. Dan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024. Dengan ini, secara resmi Festival Pahawang saya nyatakan dibuka," kata Sandiaga Uno saat menghadiri pembukaan Festival Pahawan, Sabtu malam, 27 Agustus 2022.

Desa Wisata Pulau Pahawang sendiri masuk dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf.

BACA JUGA: Menparekraf Heran, Ada Apa Dengan Pahawang?

Bahkan, Festival Pahawang berhasil menembus Kharisma Even Nusantara. Masuk dalam 110 even terbaik Indonesia.

"Artinya, dengan masuk nominasi ADWI dan Kharisma Even Nusantara, Festival Pahawang doubel win," tegas Sandiaga. 

Sandiaga Uno dan rombongan Kemenparekraf tiba di Desa Pulau Pahawang sekitar jam 19.40 WIB. 

Kedatangan Sandiaga Uno diawali prosesi pencucian kaki yang dipandu Kepala Desa  Pahawang Ahmad Salim.

BACA JUGA: Dewan Dorong Pembentukan BUMDes di Pringsewu Dengan Perencanaan Matang

Ia disambut langsung Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona; Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Zainal Abidin, Forkopimda dan para kepala OPD. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada mas menteri yang sudah menyempatkan hadir untuk membuka Festival Pahawang 2022, sekaligus besok akan menilai ADWI 2022," kata Bupati Dendi Ramadhona

Dendi menuturkan, Kabupaten Pesawaran, khususnya Desa Pulau Pahawang masuk salah satu nominasi desa wisata terbaik di Indonesia. 

"Besar harapan kami, Pesawaran mendapat tempat yang layak di ajang ADWI 2022. Fetival Pahawang murni berangkat dari keinginan masyarakat. Saya selaku pemerintah menangkap keinginan itu," sebut Dendi Ramadhona. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: