Iklan Bos Aca Header Detail

Tim Dosen Perternakan Polinela Terapkan Teknik Formulasi Ransum Guna Peningkatan Produksi Ayam Kampung

Tim Dosen Perternakan Polinela Terapkan Teknik Formulasi Ransum Guna Peningkatan Produksi Ayam Kampung

Foto bersama tim dosen dan anggota UMKM Jaya Makmur Desa karawang Sari, Lampung Selatan. (Foto TIM Dosen Perternakan Polinela)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Dosen Perternakan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) kembali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), periode Juli, Agustus tahun 2022.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dihadiri oleh para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jaya Makmur di Desa Karawang Sari, Lampung Selatan.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Yadi Priabudiman dengan anggota Suraya Kaffi Syahpura, Cintia Agustin Patria, Susanti, Neko R, Vindo Rossy, dan Nurul Azizah.

Yadi Priabudiman selaku Ketua Tim mengatakan, kegiatan PKM pada UMKM Jaya Makmur Desa Karawang Sari, Lampung Selatan, bertujuan untuk meningkatkan produksi ayam kampung di desa tersebut.

BACA JUGA:Nasabah Bank BRI Unit Talang Padang Raih Grand Prize Honda Mobilio

"Melalui pendampingan dan penyuluhan pada penerapan teknik formulasi ransum bisa membantu para peternak dalam meningkatkan produksi ternak Jaya Makmur," terangnya, Senin, 29 Agustus 2022.

Turman selaku Ketua UMKM mengatakan, salah satu masalah yang dihadapi para UMKM Jaya Makmur Desa Karawang Sari yakni, lamanya masa panen ternak dengan jumlah konsumsi yang besar. 


Diskusi peningkatan produksi ayam kampung. (Foto Dok. Tim Dosen Perternakan Polinela)--

Oleh sebab itu, melalui kegiatan PKM yang diadakan, Polinela merasa memiliki peran dan tanggung jawab untuk memberikan solusi. Atas masalah dan kendala yang dihadapi para UMKM Jaya Makmur di Desa Karawang Sari.

Terutama, untuk membantu peningkatan produksi ternak UKM Jaya Makmur dan menciptakan peluang pengembangan ternak yang rendah kolestrol, cepat, dan memiliki nilai ekonomis yang terjangkau oleh masyarakat.

BACA JUGA:LPM Kecamatan Panjang Kolaborasi dengan Pasar Ratu Empok Meriahkan HUT Ke-77 RI

Sementara, Suraya Kaffi selaku perwakilan anggota kegiatan PKM menyebut, kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk penggemukan ayam kampung dengan menggunakan teknik formulasi ransum.

"Pemanfaatan kulit pisang dengan teknik formulasi ransum diharapkan dapat meningkatkan mikroflora usus, meningkatkan  kekebalan tubuh," papar Suraya.

Sehingga, produktifitas ayam kampung Jaya Makmur dapat mengalami peningkatan dan mendukung terciptanya produksi daging nasional yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: