Mengenai Tapal Batas, Tubaba Patuh Perintsh Pusat dan Pemprov Lampung

Mengenai Tapal Batas, Tubaba Patuh Perintsh Pusat dan Pemprov Lampung

Kegiatan memecahkan permasalahan tapal batas di Tubaba. Foto dok--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, mengadakan rapat. Pertemuan di ruang rapat bupati Tubaba tersebut digelar dalam rangka menindaklanjuti pemasangan plang batas marga yang dipasang oleh masyarakat Lampung Utara, 30 Agustus 2022.

Rapat ini dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Tubaba Dr. Zaidirina, M. SI. Dandim 0412 Lampung Utara Letkol Inf. Andi Sultan, Ketua DPRD Ponco Nugroho, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba Novriwan Jaya. Selain itu juga hampir seluruh kepala OPD yang ada di Tubaba. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kominfo kabupaten Tubaba Eri Budi Santoso MH kepada radarlampung.co.id tadi sore. 

Hasilnya, menyimpulkan bahwa, Pemkab Tubaba sepakat dan patuh pada keputusan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terkait tapal batas daerah Kabupaten Tubaba dengan Kabupaten Lampung Utara. 

Kemudian Pemerintah Kabupaten Tubaba langsung bersurat Kepada Pemerintah Provinsi untuk memfasilitasi terkait permasalahan yang terjadi di tapal batas dan memastikan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mematuhi Berita Acara Kesepakatan yang telah disepakati dan tandatangani Bersama. Kemudian menyosialisasikan kepada masyarakat/tokoh adat setempat. 

Selanjutnya, Camat Tulang Bawang udik, Kepalo Tiyuh dan BPT, tokoh adat dan Pokdarkamtibmas serta Anggota DPRD mengadakan sosialisasi kepada masyarakat adat dan masyarakat sekitar, agar tidak terpengaruh dan terprovokasi yang dapat memicu menganggu keamanan dan ketertiban pada masyarakat. 

Lalu, Pemerintah Kabupaten Tubaba akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi terkait pemasangan Plang Batas Marga oleh masyarakat Buay Perja, Marga Sungkai Bunga Mayang di Tiyuh Karta Tanjung Selamat Kecamatan Tulang Bawang Udik.

Poin-poin tersebut merupakan hasil Rapat Pembahasan Segmen Batas Wilayah Daerah Kabupaten Tubaba dan Kabupaten Lampung Utara. 

Selain itu, juga hadir Ketua Federasi Adat Marga Empat Tubaba Hi. Herman Artha, S.Ikom., MM dan Wakil Ketua Pokdarkamtibmas Polres Tubaba Bandarsyah Yusuf, Camat se-Kabupaten Tubaba, dan Para Kepala OPD.

"Kami berharap semua pihak tidak terprovokasi atas adanya pemasangan plang tersebut. Saat ini Pemkab Tubaba terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Lampung, sehingga masalah ini dapat segera tuntas," ungkap Eri tadi malam. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: