Kemenag Kembali Gelar Manasik Sepanjang Tahun

Kemenag Kembali Gelar Manasik Sepanjang Tahun

Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Bandarlampung kembali menggelar kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun, Jumat 2 September 2022.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Bandarlampung kembali menggelar kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun, Jumat 2 September 2022.

Sebanyak 250 orang calon jamaah haji dari Kota Bandarlampung, kegiatan ini digelar di Hotel Nusantara Syariah, Bandarlampung.

Kegiatan ini dihadiri pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.Hum.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bandarlampung, Drs. H. Makmur, M.Ag., menjelaskan, ini merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya digelar pula kegiatan serupa di Aula Islamic Center Rajabasa. 

BACA JUGA:Saat Akad, Isfansa-Mareta Akan Kenakan Kain Tumpal Berusia Belasan Tahun Milik Gubernur dan Ibu

Para peserta dalam kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun ini merupakan calon jamaah haji tunda yang belum sempat diberangkatkan pada pelaksanaan Haji tahun 2022.

“Jumlah jamaah yang mengikuti kegiatan manasik haji ini merupakan jamaah tunda yang tahun kemarin tidak berangkat. Maka tahun ini kita ikutkan Manasik Haji Sepanjang Tahun,” kata Makmur.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan kali ini sebanyan 250 orang yang berasal dari kota Bandarlampung.

Kegiatan Manasik Haji Sepanjang Tahun ini digelar dalam rangka memberikan pembekalan dan materi kepada jamaah haji agar dapat menjalankan ibadah hajinya sebagai jamaah haji yang mandiri. 

BACA JUGA:Ini Rundown Pernikahan Anak Gubernur Lampung yang Disaksikan Presiden Jokowi

Total jamaah di Bandar Lampung yang akan diberangkatkan tahun 2023 mendatang yakni sekitar 1.500 orang, yang terdiri dari calon jamaah haji tunda dan calon jamaah haji tahun 2023.

“Pembekalan yang diberikan pertama tentang Manasik Haji, supaya mereka saat menjalankan ibadah bisa tau rukunnya seperti apa, wajibnya seperti apa dan sunahnya seperti apa,” ungkap Makmur.

Selain itu, diberikan pula materi tentang kesehatan. “Bimbingan kesehatan ini mulai kita berikan dari sekarang ini supaya seluruh jamaah haji saat keberangkatan dalam keadaan sehat,” tambahnya.

Dia berharap, pelaksanaan ibadah haji tahun depan dapat berjalan normal. Tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya dapat memberangkatkan sekitar 50 persen dari kuota. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: