Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Kanwil Kemenag Lampung Resmi Dibuka

Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Kanwil Kemenag Lampung Resmi Dibuka

Pelatihan penggerak Penguatan Moderasi Beragama Kerja Sama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Resmi dibuka--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pelatihan penggerak Penguatan Moderasi Beragama Kerja Sama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Resmi dibuka.

Pembukaan itu, dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Agama RI, Wibowo Prasetyo di Emersia Hotel & Resort Jl. Wolter Monginsidi No.70, Pengajaran, Kec. Teluk betung Utara, Kota Bandar Lampung, Senin 5 September 2022.

Dalam arahannya, Wibowo memberikan Apresiasi atas terselenggara pelatihan ini. Sebab, Penguatan moderasi beragama telah disepakati bersama menjadi salah satu arah kebijakan negara.

Hal ini untuk menciptakan tata kehidupan beragama dan bernegara yang harmonis, rukun, damai, dan toleran.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca di Lampung Hari Ini, Selasa 6 September 2022

"Kita hidup bukan dalam keseragaman tapi dalam keberagaman, kita harus berada di tengah-tengah, tidak ekstrim kiri maupun kanan," jelasnya.

Lebih lanjut Staf Khusus Menteri Agama RI menyampaikan, Setidaknya ada 4 (empat) indikator utama keberhasilan moderasi beragama yakni Komitmen kebangsaan, Toleransi, Keberhasilan Moderasi Beragama, Anti kekerasan dan Penerimaan terhadap Tradisi.

"Bahkan, ada 7 muatan pesan keagamaan dalam moderasi beragama, diantaranya menjaga keselamatan jiwa, memperkuat nilai moderat, mewujudkan perdamaian, menghargai kemajemukan, dengan menjaga kebebasan akal, kebebasan berekspresi, dan kebebasan beragama dan menaati komitmen berbangsa," beber Stafsus.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Diklat Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI DR. H. Syafi’i juga mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh Kanwil Kemenag Provinsi Lampung hingga terlaksananya Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi kali ini.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Gunung Anak Krakatau : 2 Kali Alami Gempa pada Selasa 6 September 2022

"Ini karena ASN di Kementerian Agama di tahun 2022 ini harus sudah mengikuti pelatihan Moderasi Beragama secara keseluruhan," jelasnya.

Sementara, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengucapkan  selamat datang dan terima kasih kepada Staf Khusus Menteri Agama RI, Wibowo Prasetyo atas kedatangannya di Provinsi Lampung Sai Bumi Ruwai Jurai yang beragam ini.

"Alhamdulillah, dalam kesibukan melaksanakan tugas dan fungsinya, masih menyempatkan diri demi melaksanakan salah satu program Prioritas Kementerian Agama yaitu Penguatan Moderasi Beragama," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan Pelatihan Penggerak Moderasi Beragama di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Tahun 2022, dilaksanakan  tanggal 5-9 September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: