Pemprov Terus Berupaya Keras agar Capai Zero Case dalam Kasus PMK

Pemprov Terus Berupaya Keras agar Capai Zero Case dalam Kasus PMK

Bimtek Penanganan PMK di Provinsi Lampung, Pemprov Terus Berupaya Keras agar Capai Zero Case dalam Kasus PMK-Biro Adpim Pemprov Lampung-

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen dan berupaya keras untuk mencapai zero case dalam kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

Hal tersebut disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, saat mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, membuka acara Bimbingan Teknis Penanganan PMK di Provinsi Lampung, di Hotel Sheraton, Selasa, 6 September 2022. 

Kusnardi mengatakan saat ini program vaksinasi PMK yang sedang berjalan sudah terdistribusi ke Kabupaten Kota sebanyak 188.000 dosis dengan realisasi vaksinasi sampai dengan 4 September 2022 sebanyak 148.335 (78,90 %) dari yang sudah didistribusikan sisa sebanyak 120.000 dosis dalam proses pendistribusian. 

Ia menambahkan, Provinsi Lampung sendiri telah menerima total vaksin PMK sebanyak 308.000 dosis dengan rincian vaksin 1 37.000 dosis, vaksin 2 51.000 dosis, vaksin 3 70.000 dosis, vaksin 4 50.000 dan terakhir sebanyak 100.000 dosis. 

BACA JUGA:Bharada Richard Eliezer dan Brigadir Ricky dan Kuat Ma'ruf Diperiksa Kebohongan, Hasilnya?

Perlu diketahui, saat ini ada 12 Kabupaten dan Kota yang telah terkonfirmasi kasus positif PMK di Provinsi Lampung. 

Kasus PMK tersebut menyebar di 35 Kecamatan dan 62 Desa dengan jumlah kasus per 4 September 2022 dengan total kasus 1.978 ekor dan telah sembuh sebanyak 1.816 ekor atau 91,8%. 

Kusnardi menegaskan pihaknya telah melaksanakan langka-langkah penanganan teknis secara menyeluruh seperti pengobatan hewan ternak yang sakit, pengetatan lalu lintas ternak, peningkatan biosecurity dengan desinfeksi kandang serta KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) pada masyarakat mengenai PMK. 

BACA JUGA:Hendak Belajar Kelompok, Siswa SMA Tewas Lakalantas

"Termasuk melaksanakan potong paksa untuk menekan penyebaran penyakit dan mempercepat zero case," lanjutnya. 

Ia juga mengatakan, Langkah-langkah teknis tersebut saat ini telah memberikan hasil yang positif dengan 11 kabupaten Kota yang telah berhasil mencapai zero case yaitu Tulang Bawang Barat, Mesuji, Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Metro dan Bandar Lampung, Lampung Utara, Way Kanan dan Lampung Tengah, sedangkan sisanya 1 Kabupaten yang terus berusaha untuk zero case yaitu Pesisir Barat. 

Kusnardi berharap, proses percepatan vaksinasi ini bisa berbanding lurus dengan proses pengendalian PMK sehingga Lampung dapat bebas dari PMK secepatnya. 

BACA JUGA:Tersebar Via WhatsApp Soal Pencairan PKH Tahap 3 Bisa Daftar, Kadisos Lampung Pastikan Hoax

Ia juga mengatakan, Pemerintah Pusat sangat konsern dengan penanganan PMK di Provinsi Lampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: