Iklan Bos Aca Header Detail

Tim PKM PS TRKI Polinela Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Dapur menjadi Produk Tepat Guna

Tim PKM PS TRKI Polinela Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Dapur menjadi Produk Tepat Guna

Foto Tim PKM PS TRKI Polinela : Suasana Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Dapur menjadi Produk tepat guna oleh TIM PKM PS TRKI Polinela.--

BANDAR LAMPUNG, RADAR LAMPUNG.CO.ID - Tim dosen Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri Politeknik Negeri Lampung (PS TRKI Polinela) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM)  dengan melakukan sosialisasi dan pembuatan produk tepat guna dengan Pemanfaatan Limbah dapur.

Kegiatan dilaksanakan kepada pada Masyarakat di Kecamatan Tanjung karang Barat (TKB) bertempat di rumah Yatim Tanjung Karang pada bulan 10 September 2022.

Kegiatan yang diketuai oleh Dosen Prodi TRKI Polinela sekaligus Ketua Tim PKM, Devy Cendekia S. Si., M. Si. Ia menyampaikan materi terkait potensi  tentang pemanfaatan limbah dapur, dalam hal ini minyak jelantan dapat menjadi produk tepat guna. 

Lebih rinci, Devi melanjutkan bahwa Limbah minyak jelantah jika dibuang dalam lingkungan akan menjadi pencemar yang berbahaya. "Dengan mengubah limbah minyak jelantah menjadi produk rumah tangga, dalam hal ini sabun. Maka dapat mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh limbah dapur,"sebut Devi pada Rabu, 14 September 2022.

Pada kegiatan ini terdapat serangkaian acara. Antara lain, Diawali dengan sosialisasi terkait limbah dapur yang masih bisa berpotensi sebagai produk tepat guna seperti sabun batangan. 

Lalu, Sabun batang yang dihasilkan selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk mencuci baju atau keperluan pencucian lainnya. 

Diakhir kegiatan masyarakat dan dosen Bersama-sama mengemas produk sabun yang sudah dihasilkan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai produk yang dihasilkan.

"Kami berharap semakin banyak pemanfaatan limbah dapur menjadi produk tepat guna, sehingga pencemaran tanah dan air karena minyak jelantah dapat berkurang," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: