Pusing dan Gemetar Saat Olah Raga, Mungkin Karena Kadar Gula Darah Rendah

Pusing dan Gemetar Saat Olah Raga, Mungkin Karena Kadar Gula Darah Rendah

FOTO PIXABAY - Ilustrasi pusing saat berolahraga.--

RADARLAMPUNG.DISWAY.ID - Pernahkan Anda merasakan pusing, mata berkunang-kunang, atau gemetar saat berolahraga? Hati-hati! Mungkin itu gejala hipoglikemia alias gula darah rendah. Menurut dr. Andhika Raspati, SpKO, gula darah menjadi sumber energi saat berolahraga. Apalagi jika intensitas olahraganya cukup tinggi.

"Masalahnya, kalau kadar gula darah terlalu rendah, bisa mengalami hipoglikemia. Gejalanya pusing, lemas, gemetar, bahkan pingsan," kata dr. Andhika Raspati, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga ini dalam unggahan di akun instagram @dhika.dr, Rabu 15 September 2022.

Agar tidak sampai mengalami kejadian ini, dr. Andhika Raspati, SpKO menyarankan agar makan dahulu sebelum berolahraga. Terlebih jika melakukan olahraga yang cukup berat dengan durasi yang lama. Jarak antara makan dan olahraga juga bergantung dengan asupan makanan dan jenis olahraga.

"Jaraknya bergantung. Kalau kayak makan donat atau roti, yang gampang cerna, bisa dimakan 30 sampai 40 menit sebelum olahraga. Tapi kalau mau makan berat, kasih jarak sekitar 2 jam sebelum olahraga," kata dr. Andhika Raspati, SpKO.

BACA JUGA:Ratusan Pejabat Dilantik, Bupati Pesawaran Beri Pesan Ini

dr. Andhika Raspati, SpKO juga menyarankan agar orangyang baru mulai berolahraga, jangan buru-buru untuk melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi. Lebih baik, berolahraga santai dengan intensitas rendah terlebih dahulu. "Yang penting dibikin rutin dan konsisten," pungkas dr. Andhika Raspati, SpKO. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: