Allhamdulillh, Restorative Justice Diperoleh Jun Cs

Allhamdulillh, Restorative Justice Diperoleh Jun Cs

Ist for Radarlampung.co.id-JMSI Provinsi Lampung-

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Ketua JMSI Lampung Peduli H Syahroni Yusuf menyambut gembira saat mendengar kabar bahwa tiga wartawan Lampung memperoleh keadilan hukum melalui restorative justice.

"Alhamdulillah kalau keadilan dimaksud diperoleh Jun Cs. Karena itu menjadi harapan semua wartawan di Lampung. Terimakasih kepada Kapolda dan Kapolresta Bandarlampung yang berhasil mendengar doa dan harapan kita semua," ujar Syahroni, Kamis, 15 September 2022.

"Yang pasti doa anak dan istri ketiganya di ijabah (dikabulkan-red) oleh Allah SWT dan kita semua dapat memetik hikmah dari kejadian ini. Dan Saya berharap, mereka segera bertemu deng sank keluarganya," pungkas  Fotografer terbaik Lampung ini.

Proses Restorative Justive

Setelah 26 hari diproses terkait kasus dugaan pemerasan, tiga wartawan, Jun Cs akhirnya bertemu jalan damai dengan pelapor MT melalui mekanisme keadilan Restoratif (RJ).

BACA JUGA:Delapan Saksi dari Tersangka Karomani Diperiksa KPK terkait OTT Unila

Prosesi keadilan Restoratif dihadiri kedua belah pihak terlapor dan pelapor, tiga terlapor didampingi pengacara dari Kantor Hukum Rozali Umar dan Rekan, yakni Rozali Umar, Ebrick, Jauhari, Gindha Anshori dan Icen Amsterli.

Sementara dari pihak Pelapor M T hadir langsung dengan didampingi oleh pihak keluarga Agus Setiawan dan M Yunus. Proses Keadilan Restoratif dipimpin oleh Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Denis Arya Putra diawasi oleh Kabag Wasidik Dirreskrimum Polda Lampung, AKBP Khairul Hutapea.

Turut mendampingi Kanit Tipiter Polresta Bandar Lampung, Iptu Rahmat Suryanto dan Kaur Bin Ops Iptu Sunarto.

BACA JUGA:1.577 Honorer Diusulkan Terima BSU BBM

Alhasil dari gelaran Keadilan Restoratif kedua belah pihak sepakat menempuh jalur kekeluargaan dengan perdamaian di hadapan petugas kepolisian di Rupatama satuan reskrim polresta Bandar Lampung, Rabu, 14 September 2022.

Dalam prosesi Keadlial Restoratif (RJ), kedua belah pihak terlihat sangat akrab, baik cara kekeluargaan maupun komunikasi aktif dihadapan keluarga pendamping dan pihak kepolisian.

Pelaksanaan RJ ini juga memang harus dijalani dan telah sesuai perpol (peraturan polri) no 8 tahun 2021, yang mengatur tentang penanganan tindak pidana bedasarkan keadilan Restoratif. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: