Soal Mundurnya LTMPT sebagai Penyelenggara Seleksi Mahasiswa Baru, Ini Penjelasannya

Soal Mundurnya LTMPT sebagai Penyelenggara Seleksi Mahasiswa Baru, Ini Penjelasannya

Plt Rektor Universitas Lampung Muhammad Sofwan Efendi (Batik coklat) dan jajaran menyapa Aliansi Mahasiswa Unila didepan Gedung Rektorat Unila, Senin 22 Agustus 2022. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Direktur Sumber Daya Kemendikbud Risktek Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed mengungkapkan alasan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengundurkan diri sebagai penyelenggara seleksi mahasiswa baru

"Saya tidak tahu jelasnya mengundurkan diri atau sudah saatnya berubah, LTMPT itu apapun namanya itu hanya nomenclatur yang  esensinya adalah lembaga independent yang akan melaksanakan tes perguruan tinggi," kata Sofwan.

Menurut Dr. Mohammad Sofwan Effendi, LTMPT kini sedang bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

"Supaya dalam mengelola manajemen SDM, keuangan, sumber daya lain lebih otonom. Dan nanti ke depan akan ditentukan mereka ada di unit mana. Saat ini kan, ada di Dikti. Mestinya BLU tidak berada di bawah direktorat jenderal,” kata Dr. Mohammad Sofwan Effendi. 

BACA JUGA: Duel di Pondok Pesantren, Santri di Pesisir Barat Tewas di Tangan Rekan

Dilanjutkan, LTMPT hanya nomenklatur yang esensinya adalah lembaga independen untuk melaksanakan tes perguruan tinggi.

Karena itu, kemungkinan akan ditentukan grade pada lembaga tersebut jika sudah dilebur.

"Apakah di satu tim BANPT. Artinya bisa langsung  bertanggung jawab kepada menteri. Tapi pasti melalui unit eselon 1," papar Dr. Mohammad Sofwan Effendi.

Dr. Mohammad Sofwan Effendi yang juga Plt. Rektor Universitas Lampung membantah, jika mundurnya LTMPT terkait dengan masalah yang dialami Unila beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Ini Kronologis Duel yang Menewaskan Santri di Pesisir Barat

"Tidak. Sebelum kejadian, karena saya sedikit mengikuti perkembangan dari LTMPT. Usul ke BLU-nya itu sejak 2020. Hanya saja persyaratan dokumen dan lainnya baru diselesaikan. Kebetulan momennya pas. Tapi tidak ada hubungannya dengan (OTT suap) Unila," tegas Dr. Mohammad Sofwan.

Diketahui, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tunggi Negeri (LTMPT) resmi mengundurkan diri sebagai penyelenggara seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN Indonesia.

Ini terjadi papsca Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makariem menerbitkan aturan baru pada seleksi masuk PTN.

Hal itu terlihat dalam keterangan resmi LTMPT pada akun instagramnya. LTMPT yang sudah menyelenggarakan seleksi sejak tahun 2018 tidak lagi terlibat dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: