Kemenkes Beberkan Alasan Aplikasi PeduliLindungi Sulit Diakses

Kemenkes Beberkan Alasan Aplikasi PeduliLindungi Sulit Diakses

Scan barcode aplikasi PeduliLindungi.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Usai mengalami kendala sulit diakses, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan Kementerian Kesehatan​​​​​​, Setiaji memastikan bahwa kini layanan PeduliLindungi sudah kembali beroperasi secara normal. 

Ia menerangkan, gangguan sulit akses pada aplikasi yang terjadi pada petang tersebut disebabkan proses pemeliharaan rutin yang masih berlangsung.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna PeduliLindungi. Saat ini pemeliharaan rutin masih berdampak pada sebagian pengguna PeduliLindungi," ungkap Setiaji dikutip dari ANTARA, Kamis 15 September 2022.

Sebelumnya, pada Rabu pagi, 14 September 2022, PeduliLindungi pun sempat mengalami kendala tidak bisa diakses oleh banyak pengguna.

BACA JUGA:Kembali Muncul, Hacker Bjorka Kini Ungkap soal Salah Tangkap Sembari Tertawa

Tetapi Kementerian Kesehatan memastikan tak lama setelah itu akses PeduliLindungi segera kembali normal.

Ternyata hal itu kembali terulang pada Kamis sore hingga malam yang menyebabkan beberapa pengguna tak dapat mengakses layanan PeduliLindungi baik guna melakukan "check-in" ke tempat publik ataupun untuk mengakses sertifikat vaksin COVID-19 secara daring.

Kesulitan akses tersebut dirasakan oleh cukup banyak calon penumpang kendaraan umum di stasiun-stasiun kereta api serta banyak yang mengunggah kesulitannya itu melalui media sosial twitter.

Kini kendala sulit akses PeduliLindungi sudah diatasi dan masyarakat dapat kembali menggunakan aplikasi secara normal, sebagaimana melansir Fin.co.id.

BACA JUGA:Sidang KKEP Brigjen Hendra Kurniawan Ditunda Pekan Depan, Begini Alasannya

Sebagai antisipasi jika PeduliLindungi kembali bermasalah, Setiaji menyarankan masyarakat agar mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 ke gawainya.

Dengan begitu, nantinya saat beraktivitas di ruang publik masyarakat dapat menunjukkan status vaksinasinya dengan lebih mudah.

"Untuk kebutuhan memasuki ruang publik (apabila PeduliLindungi bermasalah) agar masyarakat dapat memanfaatkan fitur group check-in atau menunjukkan sertifikat vaksin yang telah diunduh," saran Setiaji.

Adapun untuk memastikan PeduliLindungi dapat bekerja dengan optimal baik di ponsel dengan sistem operasi iOS maupun Android, masyarakat dapat mengunduh pembaruan versi terbaru dari aplikasi PeduliLindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: