Ribuan Mahasiswa Universitas Terbuka Lampung Ikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru secara Virtual

Ribuan Mahasiswa Universitas Terbuka Lampung Ikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru secara Virtual

Universitas Terbuka Lampung mengadakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Masa Registrasi 2022.2 secara virtual.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Terbuka Lampung mengadakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Masa Registrasi 2022.2 secara virtual.

OSMB yang menggunakan fasilitas microsoft teams ini dilaksanakan pada hari Rabu sampai Minggu tanggal 14 - 18 September 2022.

Kegiatan ini, dihadiri oleh lebih dari 4500 peserta yang merupakan mahasiswa baru Universitas Terbuka Lampung masa registrasi 2022.2.

"Peserta kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru ini berdasarkan data kami per tanggal 12 september 2022, sejumlah 5.213 (lima ribu dua ratus tiga belas) orang mahasiswa. Terdiri dari berbagai program studi pada empat fakultas di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Bandar Lampung," ungkap Ketua Panitia OSMB, Firman Yusuf Abdurachman, ST dalam Laporan Panitianya.

BACA JUGA:TDM Gelar Honda ADV 160 Urban Exploride ke Agrowisata BMJ

Dia menjelaskan, OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khususnya di Universitas Terbuka yang menerapkan sistem belajar jarak jauh.

Sehingga, OSMB lebih ditekankan pada pemahaman tentang UT sebagai suatu lingkungan akademis dan mekanisme yang berlaku di dalamnya, menambah wawasan baru bagi mahasiswa dalam penggunaan sarana akademik, memahami tentang wacana kebangsaan, mempersiapkan mahasiswa.

"Ini agar mampu belajar mandiri di UT  dan mematuhi norma2 dan kode etik yang berlaku, menumbuhkan rasa persaudaraan dan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosial," Ungkap Direktur UT Lampung, Dra. Sri Ismulyaty, M.Si dalam sambutannya.

Menurutnya, Kegiatan OSMB ini terdiri dari 18 kelas yang per kelas nya terdiri 250 peserta OSMB. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Menyanyikan Hymne UT.

BACA JUGA:Di Kota Metro, Penyebab Kebakaran Didominasi Korsleting Listrik

Kemudian, dilanjutan dengan Laporan Ketua Panitia dan Sambutan Direktur UT Lampung sekaligus membuka kegiatan. Setelah kegiatan dibuka, dilakukan penyematan jaket almamater yang diwakilkan oleh 2 mahasiswa baru yang berasal dari Kelompok Belajar (Pokjar) Kedaton Bandar Lampung.

Kegiatan OSMB ini dihadiri pula oleh Kepala Loka Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalianda Lampung Selatan, Bapak Bambang Styawan, S.Pd, MM, MSi secara virtual. Bambang memaparkan materi tentang Sejarah Narkoba di Indonesia.

Terdapat 9 (Sembilan) Materi Pokok yang disampaikan dalam kegiatan OSMB ini salah satunya materi Informasi Registrasi dan UAS yang dipaparkan oleh Manajer Registrasi dan Asesmen, Bapak Sugianto, S.I.P.

Dalam pemaparan materinya, Sugianto menuturkan masih ada 3 (tiga) kegiatan lagi yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru yakni, PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh), Workshop Tugas dan Klinik Ujian yang akan dilaksanakan secara tatap muka.

BACA JUGA:Wujudkan Kota Metro Bersih dan Sehat, Program Ini Kembali Diagendakan

Sebelum acara ditutup, moderator kegiatan memberikan pertanyaan kepada para mahasiswa. Terdapat total 25 mahasiswa yang beruntung menjawab pertanyaan dan mendapatkan hadiah Kuota Gratis dari provider By.U. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: