Unjuk Rasa Membuahkan Hasil, Gaji Perangkat Desa di Lampung Timur Mulai Dibayarkan

Unjuk Rasa Membuahkan Hasil, Gaji Perangkat Desa di Lampung Timur Mulai Dibayarkan

FOTO RADAR LAMPUNG/DWI PRIHANTONO - Ketua DPRD Lampung Timur Ali Johan Arif. --

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Para perangkat desa di Kabupaten Lampung Timur boleh sedikit bernafas lega.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur berencana membayarkan penghasilan tetap (siltap) perangkat desa mulai pada Selasa 20 September 2022.

Rencana pembayaran siltap merupakan hasil rapat koordinasi antara Badan Anggaran (Banang) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Lampung Timur.

Rapat koordinasi yang dipimpin Ketua DPRD Lampung Timur Ali Johan Arif itu dihadiri juga Sekretaris Kabupaten M. Jusuf, para asisten, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sukismanto Aji, dan Kepala Bappeda Agusrina Saka.

BACA JUGA:Wisudawan Periode III UIN RIL Resmi Dikukuhkan

Ali Johan Arif menjelaskan, sesuai hasil rapat koordinasi, saat ini dana yang tersedia di Kas Daerah Rp 24 miliar.  Dari jumlah tersebut, Rp 23 miliar dialokasikan untuk pembayaran gaji perangkat desa tersebut, selama 3 bulan.

Yaitu untuk periode April, Mei, dan Juni 2022 atau triwulan 2.  

Siltap selama 3 bulan itu akan dibayarkan kepada 3.776 perangkat yang tersebar di 264 desa.  Itu terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Seksi, dan Kepala Dusun. 

Sementara, pembayaran siltap untuk Rukun Tetangga (RT), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Perlindungan Masyarakat (Linmas), masih menunggu hasil evaluasi gubernur Lampung terhadap APBD Perubahan tahun 2022.

BACA JUGA:Tiga Jenazah Korban Lakalantas Tol Cipali Tiba di Tanggamus

Begitu juga untuk pembayaran siltap triwulan 3 (Juli, Agustus, dan September) menunggu hasil evaluasi gubernur Lampung terhadap APBDP 2022.

"Saat ini APBDP masih proses evaluasi di Provinsi Lampung. Mudah-mudahan segera selesai sehingga seluruh perangkat desa menerima siltap," jelas Ali Johan. 

Keterangan senada diungkapkan Sekretaris Kabupaten Lampung Timur M. Jusuf.

"Siltap akan kami bayarkan mulai proses pembayarannya mulai hari ini," ujar M. Jusuf usai rapat koordinasi di Gedung DPRD Lampung Timur, Selasa 20 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: