Bunda Eva 2 - Iklan Prima

Mengenal Fitur Aplikasi ESS Serta Rekomendasi Terbaiknya

Mengenal Fitur Aplikasi ESS Serta Rekomendasi Terbaiknya

Ilustrasi data. (Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Employee Self Service (ESS) adalah sebuah sistem teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui mengenai performa karyawan seperti data pegawai, data kehadiran, data gaji, data HRD, dan pengajuan cuti atau ijin.

Memiliki konsep ESS telah ada mulai pada awal tahun 2000 di beberapa perusahaan di Amerika Serikat. Konsep ini bertujuan untuk mempermudah proses input administrasi HRD lebih efektif dan cepat.

Perusahaan bisa dengan mudah mengakses portal aplikasi ESS untuk memudahkan pekerjaan tim HR dan juga karyawan. Sehingga menghasilkan output yang menguntung perusahaan dan juga karyawan. Jadi bisa dikatakan dengan adanya aplikasi ESS memberikan banyak keuntungan dan juga memangkas waktu lebih cepat jika dilakukan secara manual.

Apa itu Employee Self Service (ESS)?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ESS atau employee self service adalah teknologi SDM yang memungkinkan karyawan untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan departemen HR. Dan, ini adalah fitur yang tersedia dalam HRIS (Human Resources Information System) modern.

Aplikasi ESS juga memungkinkan karyawan untuk mengakses dan mengubah informasi dasar tanpa harus pergi ke HR. Karyawan bisa meninjau hal-hal penting seperti tunjangan karyawan, detail penggajian, dan jadwal kerja.

Umumnya, berbagai pekerjaan HR diproses secara manual di kertas. Namun, berkat digitalisasi ini, semua pekerjaan itu menjadi lebih efektif dan instan.

Apa Fitur yang Dimiliki Employee Self Service (ESS)?

Dengan aplikasi ESS, perusahaan membekali karyawannya dengan alat yang bisa mengakses, mengelola, dan memperbarui berbagai fungsi SDM yang berbeda di dalam satu platform 

Berikut adalah beberapa aktivitas umum terkait HR yang bisa dilakukan dengan aplikasi ESS.

1. Data Pribadi

Karyawan dapat dengan mudah memperbarui data pribadi mereka, termasuk informasi kontak, alamat tempat tinggal, dan informasi rekening bank, tanpa menyerahkan dokumen ke departemen HR. Namun, persetujuan HR mungkin diperlukan untuk menyelesaikan beberapa perubahan ini.

2. Data Gaji

Employee self-service memungkinkan karyawan untuk mengakses informasi tentang gaji dengan mudah. Contohnya, mereka dapat menemukan potongan gaji sebelumnya, rincian pemotongan pajak, dan semacamnya.

Sumber: