Cheng Yu Pilihan: Ricky Suharlim Founder Reiki dan Lingchi, Yi Shen Zuo Ze

Cheng Yu Pilihan: Ricky Suharlim Founder Reiki dan Lingchi, Yi Shen Zuo Ze

--

ADA satu nasehat yang selama ini dipegang teguh Ricky Suharlim. Bunyinya: "健康为万事之本, 学问为济世之本" (jiàn kāng wéi wàn shì zhī běn, xué wèn wéi jì shì zhī běn). 

Artinya, kesehatan ialah fondasi segalanya, ilmu pengetahuan ialah fondasi untuk menyelamatkan dunia

Ada juga yang menganalogikannya dengan angka-angka. Kesehatan 1. Lainnya 0. Seberapa banyak 0 yang kita punya, kalau tidak ada 1 di depannya, tetap tak akan ada gunanya. 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Pendiri PT SMS Indoputra Amal Alghozali, Ren Min Ai Wu

1.000.000.000.000 baru berarti satu triliun setelah di depan dua belas 0 dibubuhi 1. Dengan lain kata, jika orangnya tidak sehat, segala hal yang kita miliki tidak akan bisa kita nikmati.

Karena itu, sebelum mendirikan klinik yang diresmikan langsung oleh wali kota Surabaya pada 2000 silam, Ricky sudah rutin menggelar kegiatan sosial penyembuhan gratis sejak 1999. 

Tujuannya supaya masyarakat, terutama yang tidak mampu, bisa terjaga kesehatannya. Metode penyembuhan yang digunakan adalah Reiki & Ling-chi.

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Wakil Ketua Umum I PB Wushu Indonesia Iwan Kwok, Bai Ren Cheng Jin

Kabarnya, Reiki merupakan metode penyembuhan kuno yang berasal dari Tibet. Biasa digunakan oleh para biksu di wilayah dengan ketinggian lebih dari 4.000 meter di atas permukaan laut itu. 

Setelah sekian lama menghilang, pada akhir abad ke-18 metode penyembuhan ini ditemukan kembali oleh Mikao Usui 臼井甕男 (1865-1926) dari Jepang. 

Ia kemudian menamainya Reiki (霊気). Jika diterjemahkan, masing-masing berarti alam semesta (霊 rei) dan energi (気 ki).

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan: Kepala Perwakilan Huaqiao University di Indone Henoch Pradhana, Jun Zi Yi Yan, Si Ma Nan Zhu

Di Tiongkok, Reiki lebih dikenal dengan sebutan Ling-chi (灵气).

Tentu, untuk terus sehat, selain berobat, kita dituntut selalu disiplin dan mandiri dalam banyak hal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: