Masih Belum Penuhi Kuota Meski Ada Perpanjangan Waktu, Bawaslu Peisir Barat Lanjutkan Seleksi Panwascam

Masih Belum Penuhi Kuota Meski Ada Perpanjangan Waktu, Bawaslu Peisir Barat Lanjutkan Seleksi Panwascam

ilustrasi pemilu--

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesisir Barat tetap melanjutkan tahapan dalam seleksi calon Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di 11 kecamatan.

Sebab hingga hari terakhir perpanjangan masa pendaftaran calon Panwascam pada Jumat 7 Oktober 2022 lalu, belum memenuhi kuota pendaftar. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Irwansyah mengatakan, pada pendaftaran tahap awal sebelumnya, jumlah pendaftar sebanyak 223 orang dan belum memenuhi kuota pendaftar salah satunya keterwakilan 30 persen perempuan.

Sehingga, kembali dilaksanakan perpanjangan masa pendaftaran pada Senin sampai Jumat, 3-7 Oktober lalu.

BACA JUGA:Tiga Warga Tanggamus Tenggelam di Laut Batu Balai, Satu Korban Meninggal Dunia

“Keseluruhan jumlah pendaftar baik dari tahap pertama maupun hingga masa perpanjangan itu dengan total sebanyak 246 pendaftar. Namun, itu juga belum memenuhi kuota pendaftaran 30 persen keterwakilan perempuan,” katanya, Minggu 9 Oktober 2022.

Meski begitu, sesuai dengan arahan dari Bawaslu Lampung bahwa walaupun telah dilakukan perpanjangan namun belum juga memenuhi kuota pendaftar, maka itu tetap bisa dilakukan tahapan selanjutnya.

Karena itu, Bawaslu Pesisir Barat masih melakukan persiapan. Salah satunya penelitian berkas administrasi pendaftaran.

“Selanjutnya bagi pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi nanti akan diumumkan pada 12 Oktober 2022 mendatang. Baik melalui website Bawaslu Pesisir Barat maupun di papan pengumuman kantor Bawaslu setempat,” jelasnya.

BACA JUGA:Siswa UPT SMPN 5 Pringsewu Raih Medali Emas pada Kejurnas Angkat Besi Remaja

Sesuai dengan jadwal sebelumnya bahwa pelaksanaan tes tertulis melalui sistem Computer Assisted Test (CAT), akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 14-16 Oktober 2022.

Hingga kini, tempat pelaksanaan tes tertulis itu masih menunggu dari pihak sekolah.

Karena kemungkinan besar akan dipusatkan di SMAN 1 Pesisir Tengah. Selain memadai, tes tertulis itu dilakukan secara online.

“Tempat pelaksanaannya masih belum pasti, namun kemungkinan besar dipusatkan di SMAN 1 Pesisir Tengah, karena hingga kini masih menunggu dari pihak sekolah. Kita berharap dalam pelaksanaannya nanti tidak ada kendala, baik kendala jaringan listrik, jaringan internet maupun lainnya, mudah-mudahan tidak terjadi,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: