Disdukcapil Provinsi Lampung Mulai Sosialisasikan Aktivasi KTP Digital

Disdukcapil Provinsi Lampung Mulai Sosialisasikan Aktivasi KTP Digital

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik sedang memberikan tutorial penggunaan aplikasi KTP Digital--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung mulai mensosialisasikan untuk masyarakat melakukan aktivasi KTP Digital.

Di mana pengaktifan nya melalui ponsel pintar milik masyarakat. Sosialisasi ini juga dilakukan oleh Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia.

Melalui akun Instagram pribadi miliknya @mbak_nunik, Chusnunia membagikan pengalaman nya mengaktivasi KTP Digital yang dibantu langsung Kepala Disdukcapil Provinsi Lampung, Ahmad Saefullah.

"Aku lagi kedatangan tangan tamu dari dinas kependudukan dan catatan Sipil dukcapil provinsi Lampung Pak Ahmad dan kawan-kawan. Kalau hari ini catatan sipil dalam hal ini terkusus KTP kita bisa atau sedang dilakukan pencatatan identitas kependudukan secara digital. Dan ini memasukkan identitas kita di handphone ya pakai aplikasi buat yang pengguna Android bisa dicari di play store Identitas Kependudukan Digital," ungkap Nunik -sapaan akrab Chusnunia-.

BACA JUGA:Police Goes To School, Satlantas Polres Mesuji Berikan Himbauan Operasi Zebra 2022 Kepada Pelajar

Nunik juga membagikan cara dan langkah dalam melakukan aktivasi melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

"Iya langkah untuk melakukan aktivasi identitas kependudukan digital pertama silahkan install aplikasi identitas kependudukan Digital dari playstore di handphone anda untuk pengguna Android atau untuk pengguna Apple bisa download di AppStore," katanya.

"Setelah proses instal selesai, kita buka hasil instalan yaitu aplikasi identitas kependudukan digital. Lalu silahkan isi biodata seperti yang tertera di aplikasi tersebut untuk mengisi email, nomor identitas kependudukan, nomor handphone," tambahnya.

Kemudian, sambung Nunik, nanti akan diminta untuk melakukan foto Selfi dan melakukan Scan QR code ke petugas Disdukcapil di wilayah setempat.

BACA JUGA:Terdakwa Meninggal, Kasus Tipu Gelap Iwan Palera Gugur

"Nah, Selanjutnya silahkan tunggu kode dan link aktivasi di email anda," bebernya.

Jika sudah mendapatkan email balasan dari siak terpusat identitas digital, lanjut Nunik, Silahkan lakukan aktivasi dengan cara menyalin kode aktivasi dan klik link aktivasi.

"Selanjutnya tempelkan kode aktivasi dan input captcha dan kemudian klik tombol aktif dan klik tombol ya setelah itu aplikasi identitas kependudukan digital siap digunakan," jelas Nunik.

Menanggapi hal ini, Kadisdukcapil Provinsi Lampung, Ahmad Saefullah mengatakan aktivasi KTP Digital melalui Identitas Kependudukan Digital ini memang merupakan terobosan baru dalam hal kependudukan dan pencatatan sipil.

Sumber: