Sempat Masuk Pemukiman, Belasan Gajah di Suoh Berhasil Dihalau

Sempat Masuk Pemukiman, Belasan Gajah di Suoh Berhasil Dihalau

Satgas penanganan gajah Lampung Barat berhasil menghalau kawanan hewan berbelalai yang memasuki pemukiman di Pemangku Taman Sari, Pekon Tugu Ratu, Kecamatan Suoh.--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 18 ekor gajah yang sempat memasuki pemukiman di Pemangku Taman Sari, Pekon Tugu Ratu, Kecamatan Suoh, Lampung Barat berhasil dihalau. 

Anggota Satgas Penanganan Konflik Gajah Liar Sugeng Hari Kinaryo Adi mengungkapkan, setidaknya dua hari  kawanan gajah mendekati pemukiman.

Namun berkat kesigapan Satgas, akhirnya kawanan satwa berbelalai tersebut bisa dihalau. Saat ini berada cukup jauh dari pemukiman.

”Sempat masuk ke Pemangku Taman Sari. Tetapi Alhamdulillah berkat kesigapan petugas, akhirnya kawanan gajah ini bisa digiring menjauh dan kini berada di sekitar Gunung Merah, dan sudah memasuki wilayah Resort Sukaraja, Tanggamus,” ungkap Sugeng, Senin 10 Oktober 2022. 

BACA JUGA: Sempat Terluka Lakukan Penangkapan DPO Curas, Kondisi Kesehatan Anggota Polisi Ini Membaik

Sugeng berharap kawanan gajah ini tidak kembali lagi mendekati wilayah kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS).

Dengan begitu masyarakat bisa merasa aman dan nyaman dalam beraktifitas, seperti berkebun yang menjadi mata pencaharian mayoritas masyarakat setempat.

”Sekarang lokasi kawanan gajah sudah cukup jauh, dan terpantau. Berada di Gunung Merah, masuk resort Sukaraja dan bisa jadi mengarah ke wilayah Kabupaten Pesisir Barat. Harapannya, kawanan gajah ini bisa terus menjauh sehingga masyarakat bisa leluasa beraktifitas,” ujarnya.

Sugeng yang juga anggota DPRD Lampung Barat menyampaikan apresiasi kepada Satgas dan masyarakat yang selama ini tanpa pamrih dan lelah iktu menghalau kawanan gajah liar tersebut. 

BACA JUGA: Tersangka Pengedar Uang Palsu Asal Way Kanan Dapat Barang Dari Sini

”Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Terlebih yang memiliki lahan garapan di jalur-jalur perlintasan satwa tersebut,”tegasnya. 

Sebelumnya, belasan ekor gajah merusak tanaman padi yang mulai berbuah di Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Peristiwa itu terjadi dalam dua malam terakhir.

Peratin Sukamarga Jaimin mengatakan, kawanan gajah yang berjumlah 18 ekor menyerang tanaman padi pada Minggu dan Senin malam, 4-5 September 2022. 

"Kawanan gajah ini selain menginjak-injak, juga memakan tanaman padi tersebut. Akibatnya banyak yang mengalami kerusakan yang tentunya menyebabkan kerugian bagi warga pemilik sawah," kata Jaimin yang juga salah satu pemilik sawah, Selasa 6 September 2022.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: