Gandeng ITERA untuk Mengkaji Risiko Bencana, Ini Kecamatan Rawan Banjir dan Puting Beliung di Mesuji

Gandeng ITERA untuk Mengkaji Risiko Bencana, Ini Kecamatan Rawan Banjir dan Puting Beliung di Mesuji

Prakiraan cuaca ekstrem di Lampung. Foto: Sandi/ JPNN.com --

MESUJI, RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji mengandeng Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam hal Rencana Penanggulangan Bencana (RPB). 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Mesuji Sunardi Nyerupa mengatakan bahwa pihaknya bersama tim dari Itera telah melakukan survei terkait Kajian Risiko Bencana (KRB) ke desa-desa yang tersebar di 7 kecamatan yang ada di Mesuji.

"Sekitar 2 bulan lalu, kami bersama Itera telah melakukan survei Kajian Risiko Bencana (KRB), ke desa-desa di tujuh kecamatan, di Mesuji," kata dia, Rabu 12 Oktober 2022.

Selain itu, dalam waktu dekat akan kembali turun ke desa-desa untuk melakukan survei RPB.

BACA JUGA:Turunkan Risiko Stunting, Wagub Nunik Minta Pendampingan Melekat ke Keluarga

"Sebagaimana kita ketahui definisi bencana disebabkan oleh faktor alam dan non-alam," ucapnya. 

Sebelumnya, dia mengaku, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan daerah yang dinilai rawan bencana banjir dan angin puting beliung di Mesuji.

Untuk wilayah yang dimaksud tersebar di Kecamatan Rawajitu Utara, Kecamatan Mesuji Timur, Kecamatan Mesuji, Kecamatan Way Serdang, dan Kecamatan Simpang Pematang.

"Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi seperti akibat curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir," kata dia. 

BACA JUGA:PLN Perkuat Kelistrikan Melalui Operasi Gardu Induk 150 kV Sidomulyo

"Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan saat cuaca ekstrem seperti saat ini. Dan BPBD akan terus melakukan pemantauan terhadap kodisi cuaca yang terjadi saat ini," lanjutnya. 

Pihaknya juga sudah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) jika sewaktu-waktu bencana banjir terjadi jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: