Lahiran di RSUD Ragab Begawe Caram Mesuji Bisa Langsung dapat Akta Kelahiran

Lahiran di RSUD Ragab Begawe Caram Mesuji Bisa Langsung dapat Akta Kelahiran

Ilustrasi KTP el--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mesuji sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ragab Begawe Caram.

Kerjasama Disdukcapil dan RSUD Ragab Begawe Caram Mesuji ini, terkait pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selanjutnya, dengan kerjasama ini Disducapil dan RSUD Ragab Begawe Caram Mesuji bakal berkoordinasi dalam penerbitan akta kelahiran.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Disdukcapil  Mesuji Mursalin, Minggu 22 Oktober 2022.

BACA JUGA:Pemkab Mesuji Bakal gelar Operasi pasar murah di 7 Kecamatan, Catat Jadwalnya

Menurutnya, perjanjian kerjasama ini sudah di lakukan sejak beberapa hpekan lalu. "Jadi, warga yang lahiran di RSUD Ragab Begawe Caram Mesuji, bisa langsung dapat Akta Kelahiran," ujarnya.

Menurutnya perjanjian kerjasama ini berisi tentang pemanfaatan NIK. Kemudian mengenai data kependudukan, dan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) tujuannya yakni untuk menunjang pelayanan di lingkup tugas RSUD Ragab Begawe Caram Kabupaten Mesuji.

Selain itu dia menjelaskan, perjanjian kerjasama dengan pihak RSUD Ragab Begawe Caram ini juga menjalankan program dari Disdukcapil Mesuji berupa Pelayanan Disdukcapil Mesuji di Rumah Sakit (Panel Dimas).

"Contohnya untuk ibu hamil yang melahirkan anaknya, langsung mendapatkan akte kelahiran dan anak tersebut sudah masuk dalam Kartu Keluarga (KK)," katanya.

BACA JUGA:Innalilahi, Satu Pasien Bayi Gagal Ginjal di Lampung Meninggal Dunia

"Begitu juga jika rumah sakit sudah melakukan perjanjian kerjasama, maka pihak rumah sakit bisa mengetahui identitas dari pasien mulai dari suami dan lainya," tambahnya.

Sebelumnya, Disdukcapil juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Mesuji dalam rangka mempermudah pelayanan penerbitan dokumen Kependudukan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula RSUD Ragab Begawe Caram beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan bahwa setelah dilakukan nya perjanjian kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para Bidan maupun ibu yang sedang melahirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: