Iklan Bos Aca Header Detail

4 Alasan Perlu Menggunakan Analisis dengan Aplikasi Data Karyawan untuk Perusahaan

4 Alasan Perlu Menggunakan Analisis dengan Aplikasi Data Karyawan untuk Perusahaan

Ilustrasi tes. (Pixabay/Jane Snyder)--

Sudah bukan merupakan rahasia lagi bahwa ada masanya dimana karyawan Anda menghabiskan waktu kerja dengan percuma beberapa jam dalam sehari.

Faktanya, sebuah studi yang dilakukan The Muse, rata-rata karyawan mengaku membuang-buang waktu 3 jam ditengah-tengah jam kerja mereka. 

Dengan melacak data karyawan, Anda dapat melihat apa saja yang dilakukan karyawan selama jam kerja berlangsung, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk benar-benar bekerja, dan berapa banyak waktu yang dihabiskan tanpa melakukan apa-apa.

Istirahat memang penting dilakukan tidak peduli seberapa sibuk karyawan Anda, karena tanpa istirahat, karyawan Anda justru bisa merasa kelelahan yang nantinya akan menimbulkan performa yang kurang baik.

Namun, jika kejadiannya karyawan Anda hanya membuang-buang waktu percuma, disinilah yang harus Anda sedikit khawatirkan.

Berbekal informasi ini, Anda selanjutnya dapat mulai menciptakan tempat kerja yang lebih efisien  bagi karyawan.

Meskipun karyawan Anda mungkin merasa kurang nyaman pada awalnya, mengetahui bahwa produktivitas mereka dilacak, namun Anda harus membuat karyawan mengerti bahwa pelacakan yang dilakukan bertujuan untuk dapat membantu mereka agar bisa bekerja lebih efisien tanpa membuang-buang waktu yang percuma.

Sebelum Anda melakukan analisis produktivitas karyawan, perlu diingat bahwa ada lebih dari satu cara untuk mengukur produktivitas pekerja.

Banyak perusahaan melakukannya dengan merujuk pada hasil kerja yang diberikan oleh karyawan, yang melibatkan pelacakan kemampuan karyawan mereka untuk memenuhi target dan bagaimana menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan, bukan dari aktivitas menit ke menit karyawan itu sendiri.

Alih-alih membuat tim Anda stres dengan memaksa mereka untuk terus bekerja di bawah tekanan, carilah cara untuk mengenali mereka, dan dorong mereka untuk bisa mencapai target kerja mereka.

Melakukan analisis produktivitas akan membantu memotivasi karyawan untuk terus melakukan yang terbaik, dan menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi untuk perusahaan.

Terakhir, jika Anda mempertimbangkan untuk menanamkan sistem pelacakan waktu untuk perusahaan Anda, pastikan Anda meluangkan waktu untuk membantu karyawan Anda memahami cara kerjanya, mengapa hal ini perlu dilakukan, dan memberitahu mereka tentang manfaatnya juga bagi mereka.

Hal ini akan membuat baik Anda maupun karyawan Anda sama-sama saling jujur dalam bekerja dengan satu sama lain.

2. Mengurangi Terjadinya Kesalahan

Melakukan Analisis data karyawan menggunakan aplikasi data karyawan juga dapat membantu Anda untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan saat karyawan melakukan tugasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: