Tim UTI Beri Pembelajaran Berbasis Teknologi Kepada Guru SMAN 1 Kalianda

Tim UTI Beri Pembelajaran Berbasis Teknologi Kepada Guru SMAN 1 Kalianda

FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA--

LAMPUNG SELATAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) kembali melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai upaya untuk mengembangkan pengetahuan para siswa dan guru di Lampung.

Tim dosen serta mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia (FTIK-UTI) hadir di SMAN 1 Kalianda, Lampung Selatan untuk memberikan workshop dalam bentuk pelatihan merakit robot cerdas bagi para siswa, Rabu 19 Oktober 2022. 

Tim terdiri dari Dr.Si. Dedi Darwis, M.Kom. (Wakil Dekan Bidang Akademik FTIK UTI), Auliya Rahman Isnanin, S.Kom., M.Cs. (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTIK UTI), dan Jaka Persada Sembiring, S.Kom., M.Cs. (Dosen Teknik Elektro FTIK UTI).

Kemudian delapan mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia. Terdiri dari Ahmad Maula Said, Ananda M. Fathurrahman, Solehudin, Dirga Rama Setiadi, Firman Fahrodi, Riski Indarto, Panca Fadilah, dan Afit Santoso. 

BACA JUGA: Tim Fakultas Ilmu Budaya UGM Kunjungi Universitas Teknokrat Indonesia

"Robot cerdas yang dilatih kepada para siswa adalah Robot Line Folower. Yaitu robot yang dapat secara otomatis berjalan sesuai dengan jalur yang telah dibuat. Robot line folower akan berjalan mengikuti jalur yang diberi tanda warna hitam pada lintasan," kata Dr.Si. Dedi Darwis, M.Kom.

Kegiatan yang diikuti 40 peserta ini bertujuan untuk memberikan penguatan profil pelajar Pancasila kepada para siswa dalam hal mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

Selain itu, tim dosen dan mahasiswa memberikan pengetahuan kepada siswa tentang perakitan robot dengan cara yang sederhana, sehingga dapat menarik siswa untuk belajar robotik yang lebih menantang lagi. 

Selain kegiatan pelatihan merakit robot cerdas, tim dosen dan mahasiswa FTIK UTI juga memberikan pelatihan metavers for education kepada para guru SMAN 1 Kalianda. 

BACA JUGA: Peserta PMM di Universitas Teknokrat Indonesia Dikenalkan Sejarah dan Kebudayaan Lampung

Teknologi yang diajarkan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para guru dalam berinovasi untuk penggunaan peraga berbasis teknologi metavers. 

Kegiatan pelatihan metavers for education diikuti oleh 20 guru SMAN 1 Kalianda.

Kedatangan tim dosen dan mahasiswa UTI disambut langsung oleh Kepala SMAN 1 Kalianda Darmiyati.

Dalam sambutannya, Darmiyati menyampaikan terima kasih kepada tim UTI yang telah bersedia memberikan pelatihan kepada guru dan para siswa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: