Ruas Jalan Terputus Akibat Banjir, BPBD Lampung Timur Terjunkan Perahu Motor

Ruas Jalan Terputus Akibat Banjir, BPBD Lampung Timur Terjunkan Perahu Motor

Tim BPBD Lampung Timur bantu warga melintasi ruas jalan yang terendam dengan perahu motor. (Foto Radar Lampung/Dwi Prihantono)--

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID -Terendamnya ruas jalan penghubung Desa Buana Sakti dan Desa Rejomulyo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, sangat mengganggu aktivitas masyarakat.

Pasalnya, ruas jalan yang terendam tersebut juga merupakan akses terdekat dari Kecamatan Batanghari menuju Kecamatan Metro Kibang Lampung Timur dan Sukadamai, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Karenanya warga Desa Buana Sakti dan Desa Rejomulyo memilih tetap melintasi ruas jalan yang terendam air dengan kedalaman 1 meter tersebut.

Hal itu dilakukan meski harus mengangkat sepeda motornya secara bergotong-royong untuk melintasi ruas jalan yang terendam.

BACA JUGA:Ini Dampak Negatif Jika Tidak Mandi Sore

Menyadari pentingnya ruas jalan tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung menurunkan perahu motor guna membantu warga yang akan melintasi ruas jalan yang terendam tersebut.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Edi Susilo mendampingi Sekretaris BPBD Hairunada menjelaskan, dengan adanya bantuan perahu motor tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat yang akan melintasi ruas jalan tersebut.

“Bila ruas jalan ini terendam dalam waktu yang lama, kami khawatir aktivitas warga Desa Buana Sakti akan terganggu,” jelasnya.

Terlebih, pelajar dari Desa Buana Sakti yang sangat membutuhkan kelancaran menuju sekolahnya.

BACA JUGA:Air Meluap Banjiri Lahan Singkong, Petani Galau

Sebab, bila tidak melalui ruas jalan tersebut, para pelajar terpaksa harus memutar melalui Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Sementara bila memutar melalui Desa Karya Mukti Kecamatan Sekampung membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke sekolahnya.

Dilanjutkan, banjir yang merendam ruas jalan tersebut merupakan luapan Sungai Way Sekampung akibat hujan deras yang terjadi akhir-akhir ini.

“Sebenarnya, hari ini Batanghari tidak ada hujan, namun bila daerah hulu yang berada di wilayah Lampung Selatan terjadi hujan deras, maka berdampak pada banjir di daerah ini,” lanjut Edi Susilo mewakili Kepada BPBD Lampung Timur Mulyanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: