ITB Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat untuk Peternak Ikan di Way Kanan

ITB Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat untuk Peternak Ikan di Way Kanan

Program pengabdian pada masyarakat (PPM ) Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berlangsung di Way Kanan, Selasa 25 Oktober 2022. FOTO DOKUMEN ITB--

Menurut Acep, salah satu masalah besar dan krusial Sumatera, khususnya Lampung adalah masih tingginya kasus stunting. 

Beragam usaha dilakukan, termasuk peningkatan makanan sumber protein. Seperti penyediaan hasil budidaya ikan di masa pasca pandemic Covid-19.

"Kegiatan PPM ini juga menitikberatkan pada perlunya pengetahuan terintegrasi untuk mendukung sistem sustainable farming bagi masyarakat," tegasnya.

Selanjutnya pemanfaatan database yang baik dari ilmu data science (sains data) untuk keperluan traceability, sehingga dapat diambil langkah dan cara tindakan yang tepat dalam mengelola, terutama melek IT dan marketplace.

"Program ini diharapkan bisa menekan biaya pakan ikan yang kadang melambung tinggi, sehingga banyak peternak gulung tikar di tengah tekanan harga ke tengkulak juga," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Acep Purqon juga menjelaskan tentang konsep pertanian terpadu (integrated farming) yang di dalamnya terdapat beberapa unsur saling berkaitan dan merupakan komponen pokok mencapai upaya dalam peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat. (rls)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: